Operasi Konvolusi Operasi Konvolusi Pada Citra Digital Untuk Deteksi Tepi Menggunakan Matlab

Operasi Konvolusi

  • umi karolina Universitas MDP
Keywords: Operasi Konvolusi metode deteksi tepi

Abstract

Deteksi tepi digunakan untuk mengenali tepi objek dan mengurangi noise yang ada. Algoritma deteksi tepi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Sobel, Prewitt,Laplacian of Gaussian, Robert dan Canny. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Matlab. Hasil pengujian edge dan overlay menunjukkan bahwa algoritma Prewitt memiliki hasil deteksi tepi yang lebih baik dibandingkan dengan algoritma lainnya. Tetapi dengan adanya konvolusi, ukuran dari citra tetap sama, tidak berubah. Algoritma Prewitt menghasilkan edge yang tingkat akurasinya lebih halus dan jelas seperti objek aslinya. Algoritma Canny gagal menghasilkan keunggulan pada objek gambar. Algoritma Sobel dan Robert dapat mendeteksi tepi, tetapi tidak sejelas Prewitt, karena ada beberapa tepi yang hilang.dengan adanya konvolusi, ukuran dari citra tetap sama, tidak berubah.

References

‚óŹ Buku dengan urutan penulisan: Priyanto Hidayatuallah,S.T,Msc, 2015, judul pengolahan citra digital teori dan aplikasinyata ), INFPRMATIKA Bandung.

[1]Wikaria Gazali1,Haryono Soeparno2,Jenny Ohliati3.(PENERAPAN METODE KONVOLUSI DALAM PENGOLAHAN CITRA DIGITAL)

[2]Ray Andrie Juniora,Nurhasanaha, Iklas Sanubarya ( Perbandingan Penggunaan Beberapa Metode Deteksi Tepi PadaPengolahan Citra Radiologi Fraktur Tulang )

[3]https://www.vinniola.com/2020/12/konvolusi-pada-citra.html

[4]http://repository.uin-suska.ac.id/3635/3/BAB%20II.pdf
Published
2022-01-28