Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Sistem Reward Terhadap Total Quality Management

  • Aldy Rojul Universitas sultan ageng tirtayasa fakultas ekonomi dan bisnis
  • Diqbal Satyanegara
Keywords: kepemimpinan transformasional dan sistem reward terhadap TQM

Abstract

Saat ini penerapan TQM di PT. Sinar Krakatau Utama masih memiliki kendala, antara lain masih adanya karyawan yang belum memahami penting nya penerapan TQM, Disisi lain, faktor penting untuk keberhasilan penerapan TQM adalah kepemimpinan transformasional dan sistem reward. Dengan demikian, berdasarkan kondisi saat ini yang  di  hadapi PT.  Sinar  Krakatau  Utama  maka penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Tranformasional dan Sistem Reward terhadap TQM pada PT. Sinar Krakatau Utama di Kota Cilegon. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 53 responden. Dalam penelitian ini menggunakan metode uji instrument, uji asumsi klasik, uji analisis linier, uji parsial (t) dan uji simultan (f) dengan perhitungan SPSS V.22. Hasil penelitian ini bahwa Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap TQM, Sistem Reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap TQM dan Kepemimpinan Transformasional dan Sistem Reward dapat berkontribusi dan signifikan terhadap TQM.

References

[1] Afif, Muhammad. (2015). Vol. 2. Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan (reward) sebagai Variabel Moderating pada PT. PLN di Pekanbaru.
[2] Allen, Richard S and Kilhman, Ralph H. (2001). Vol 14. The Role Of The Reward
System For A Total Quality Management Based Strategy.
[3] Argia, Hassan A.A.dan Ismail, Azizah. (2013) . ISSN 1925-4741. Vol 3. The Influence Of Transformational Leadership On The Level Of TQM Implementation In The Higher Education Sector.
[4] Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta
[5] Damayanti, Maulina Nur. (2019). Pengaruh TQM, Sistem Pengukuran Kinerja, dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Manufaktur (Studi PT. Satrindo Utama Makmur).
[6] Darmayanti, Yayan. (2017). ISSN 2302-2663. Vol.5. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Standar Operasional Prosedur Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pengawas Urusan Gerbong Sukacita (PUG SCT) PT. Kereta Api Indonesia (persero) Kabupaten Lahat.
[7] Darmawan, Wawan dan Teri. (2017). ISSN: 2548-9917. Vol 1. Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Sistem Pengukuran Kinerja Sebagai Variabel Moderating Pada Fajar Grup.
[8] Dewi, Kadek Sintha. (2013). Vol 7. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Komitmen Organisasi pata PT. KPM.
[9] Dwiantoro, Faliqul Isbah. (2017). Vol 5. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Terhadap Kinerja Oraganisasi Melalui Praktek TQM pada PT. Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Surabaya.
[10] Febriansyah Sutan dan Djambak Saifullah. (2018). E-ISSN: 2549-5003. Vol.19.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Aplikasi Total Quality Management pada Perusahaan Daerah Air Minum Ie Beusare Unit Pelayanan Muara Satu Kota Lhokosuemawe.
[11] Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[12] Hasanah, Hikmah. (2013). Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Staf Akuntansi
[13] Perusahaan Jasa di Wilayah Jakarta dan Tangerang).
[14] Italiani, Fanni Adhistya. (2013). Jurnal binis dan manajemen. Vol 6 no 1. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Terhadap Kinerja Pegawai Departemen Sdm PT. Semen Gresik Tbk.
[15] Juliandi, Azuar. (2014). Metodologi penelitian Bisnis. Medan : Umsu Pers.
[16] Jusuf, Raisa Shoffiani. (2013). ISSN 2303-1174. Analisis Pengaruh TQM, Sistem
Pengukur Kinerja dan Reward Terhadap Kinerja Manajerial.
[17] Layaman dan Fauziah, Putri. (2018). Vol 10. Pengaruh Penerapan Total Quality
Manajemen dan Sistem Pengahargaan Terhadap Kinerja Karyawan.
[18] Maulidiyah, Muksyfatul, Sunaryo, Hadi dan Slamet, Afi Rachmat. (2011).
[19] Pengaruh Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja dan
Sistem Penghargaan (reward) Terhadap Kinerja Manajerial CV. Singkong
Arto Mas Kepanjen-Malang.
[20] Mintje, Nastiti. (2013). ISSN 2303-1174. Vol 1. Pengaruh TQM, Sistem Penghargaan dan Sitem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial Pada PT. Air Manado.
[21] Nyoman, Dantes.(2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
[22] Pradana, Martha Andy, Sunuharyo, Bambang Swasto, dan Hamid, Djamhur. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap PT. Mustika Bahana Jaya, Lumajang).
[23] Pujianto, Wahyu Eko. (2013). ISSN 2338-445X. VOL.1. Pengaruh System Pengukuran Kinerja dan System Reward Terhadap Total Quality Management dan Kinerja Managerial pada Mic Transformer Surabaya.
[24] Ridwan, Muhammad, dan Sandy, Hengki Erik. (2019). Vol.8. Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management Dengan Sistem Penghargaan, Komitmen Organisasi dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada Perusahaan Otomotif dan Komponen di Kota Jambi).
[25] Rivai dan Mulyadi. (2012). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: Rajawali pers.
[26] Setiaji, Apriyanto Indi Djastuti.(2015). ISSN 2337-3792. Vol 4. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (studi pada karyawan staff PT Taspen (persero) Kantor Cabang Utama Semarang).
[27] Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Ikatan Penerbit Indonesia.
[28] Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
[29] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.
Bandung: Alfabeta.
[30] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.
Bandung: Alfabeta.
[31] Susanty, Aries. Diana Puspitasari, dan Siti Aisyah. (2011). Vol.VI. Analisis Hubungan Kepemimpinan Transformasional Terhadap TQM, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karywan.
[32] Tania, Yoshi. (2017). Vol.5. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kinerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Premier Management Consulting.
[33] Yusriwati dan Wahyuni, Sri. (2018). Vol 7. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Keefektifan Penerapan Teknik Total Quality Management pada Kantor Pos Pusat Pekanbaru.
Published
2022-01-28