https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/issue/feed Jurnal Teknologi Sistem Informasi 2023-10-02T22:11:00+07:00 Dien Novita, S.Si., M.T.I dien@mdp.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Teknologi Sistem Informasi&nbsp;</strong>adalah jurnal nasional berbahasa Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi, STMIK GI MDP (sebelum akhirnya berganti menjadi Universitas Multi Data Palembang). Jurnal ini memuat hasil penelitian dengan topik penelitian&nbsp;yang berasal dalam cakupan rumpun ilmu komputer.&nbsp;</p> <p><strong>Jurnal Teknologi Sistem Informasi&nbsp;</strong>terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan <strong>April</strong> dan <strong>September</strong>.&nbsp; Jurnal Teknologi Sistem Informasi&nbsp;diharapkan dapat menjadi wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya, dan menjadi sarana untuk penyebaran ilmu pengetahuan di bidang komputer secara berkelanjutan. Jurnal Teknologi Sistem Informasi diterbitkan pertama kali pada April 2020 dengan periode&nbsp;<strong>penerimaan artikel sepanjang tahun</strong>.&nbsp;</p> <p>Berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 225/E/KPT/2022 peringkat akreditasi jurnal ilmiah <strong>Jurnal Teknologi Sistem Informasi&nbsp;</strong>&nbsp;ditetapkan sebagai <strong>jurnal ilmiah terakreditasi peringkat 5</strong>. <strong>Akreditasi berlaku 5 tahun, yaitu volume 1 Nomor 2 tahun 2020 sampai Volume 6 Nomor 1 tahun 2025</strong>.</p> <p><strong>ISSN&nbsp;(Online): <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1586936824&amp;1&amp;&amp;">2722-631X</a></strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/4716 Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Distribusi Barang Dagang 2023-09-07T20:44:22+07:00 Akhsani Taqwiym akhsani.taqwiym@gmail.com Hafiz Irsyad hafizirsyad@mdp.ac.id Novan Wijaya novan.wijaya@mdp.ac.id <p><em>ANH is a business engaged in the distribution of goods with a model of selling and buying goods. The distribution process of goods sold is goods purchased from several suppliers which are then collected and resold. In the process of distributing goods, it is done manually, starting with recording requests to suppliers and customers with note media as proof of transactions. The documentation process for recording proof of transactions often results in documentation errors due to several factors, including, (1) the possibility of adding or reducing ordered products due to changes in orders and not properly documented on notes. (2) the customer contacts ANH again or vice versa to confirm stock availability in the warehouse in real time. Solving problems that occur at ANH can be solved with a good management information system by utilizing technology. The design aimed at solving the problem is to reduce errors in the documentation process by using notes that sometimes change in the field, processing records more quickly and integrated so as to reduce the risk of errors in providing information on goods in the warehouse and errors in the process of inputting purchase requests. The development method used is the iteration method. Analysis of the problems that occur in ANH uses the PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service) framework problem analysis.</em></p> 2023-09-07T10:03:10+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5259 Penerapan Metode Profile Matching Pada Pemilihan Ketua Ekstrakurikuler Badminton SMA Negeri 1 Cilamaya 2023-09-07T20:44:23+07:00 Dias Raihan Azahri diasazahri@gmail.com Apriade Voutama apriade.voutama@staff.unsika.ac.id <p>Pembentukan Karakter siswa di tingkat SMP dan SMA sangatlah penting dalam meningkatkan mutu atau lingkungan sekolah sert membantu dalam pembentukan karakter siswa. Dalam menentukan ketua ekstrakurikuler sangat diperlukan beberapa aspek penilaian karakter ataupun keterampilan yang dimiliki oleh para calon ketua, bukan tanpa alasan, penilaian itu bertujuan agar dapat mengayomi dan akan menjadi panutan bagi anggota-anggota yang lain. Sering kali dalam pemilihan ketua ekstrakurikuler dilakukan secara sepihak yang dilakukan oleh pembina, sehingga sering menjadi perdebatan di kalangan anggota tentang hal ini.</p> <p>Dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam pemilihan ketua ekstrakurikuler <em>badminton</em> di SMA Negeri 1 Cilamaya dengan menerapkan metode <em>Profile Matching</em>. Dalam penelitian ini kriteria yang telah ditentukan yaitu <em>Skill</em>, loyalitas, kepemimpinan, disiplin dan prestasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengisi nilai angket dengan skala 1 = Sangat Kurang, 2 = Kurang, 3 = Cukup, 4 = Baik dan 5 = Sangat Baik. Berdasarkan hasil akhir dari penelitian ini nilai tertinggi diperoleh dengan nilai 4.9. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh penentuan pemilihan ketua ekstrakurikuler menggunakan metode <em>Profile matching</em> sesuai dengan kriteria yang sudah ada.</p> 2023-09-07T10:08:28+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/4374 Sistem Manajemen Dokumen Pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumatera Selatan 2023-09-07T20:44:23+07:00 Muhammad Mukmin Muharram mhdmukminmhrrm12@gmail.com Inayatullah Inayatullah inayatullah@mdp.ac.id Molavi Arman Molavi.arman@mdp.ac.id <p>The Department of Water Resources Management of South Sumatra Province is the administration of government affairs in the field of public works of irrigation for the province of South Sumatra which is located on Jl. Captain Anwar Sastro, Sungai Pangeran, Kec. Ilir Team. I, Palembang City..The purpose of making this website-based document management system is to make it easier for the office to process incoming and outgoing documents, reduce the level of risk of loss, damage to incoming document data, outgoing documents, as well as reports of incoming and outgoing documents by period document. The system development methodology used is an iterative methodology, where the stages in the methodology are: planning, analysis, design, coding, and testing. Interviews and observations are the first steps taken before analyzing system requirements. Tools in data design using Entity Relationship Diagram (ERD) using visual studio software and SQL Server 2000 database. The document management system developed can improve performance, especially in document management at the Water Resources Management Office of South Sumatra Province.</p> 2023-09-07T10:20:59+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/4680 Metode UEQ Untuk Mengukur User Experience Pengguna SIMPEG pada Balai KSDA Sumatera Selatan 2023-09-07T20:44:23+07:00 Mutiara Salsabila mutiksalsabila0301@gmail.com Desi Pibriana desi.pibriana@mdp.ac.id Rizani Teguh rizani_teguh@mdp.ac.id <p>Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) dibangun sebagai penunjang dan pendukung pekerjaan pegawai. Simpeg pegawai bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses setiap data yang berhubungan dengan data pribadi setiap pegawai dan dukungan dalam penyelesaian pekerjaan pegawai pada balai KSDA Sumsel. Berdasarkan kuesioner awal terdapat beberapa permasalahan mengenai kurang updatenya data kepegawaian, kurangnya beberapa fitur monitoring dan kurangnya pemahaman fitur-fitur pada aplikasi simpeg. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur tingkat <em>user experience</em> dalam penggunaan simpeg dengan menggunakan <em>metode User Experience Questionnaire</em> (UEQ). Metode UEQ memiliki <em>tools</em> sendiri sebagai alat bantu dalam pengolahan datanya, memiliki 26 skala/indikator penelitian yang berasal dari 6 variabel penelitian <em>(attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, novelty)</em> yang terkait dengan pengalaman pengguna sehingga dapat menghasil data yang valid. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 34 pengguna simpeg dan pengolahan datanya menggunakan tools UEQ <em>version</em> 10. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik <em>purposive sampling</em>. Setelah melakukan penelitian didapatkan hasil yaitu keseluruhan aspek memiliki nilai rata-rata positif&nbsp; &gt; 0,8 dengan nilai <em>attractiveness</em> (2,52), <em>perspicuity</em> (2,64), <em>efficiency</em> (2,62), <em>dependability</em> (2,31), <em>stimulation</em> (2,43), <em>novelty</em> (1,73), yang menunjukkan tingkat pengalaman pengguna merasa simpeg memberikan kemudahan serta memberikan rasa ketertarikan dalam penggunaan simpeg. Sehingga dapat memberikan efisiensi dalam penyelesaian pekerjaan pegawai.</p> 2023-09-07T19:25:23+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5168 Sistem Informasi Pendataan Peserta Pensiun Berbasis Website Pada Ikatan Keluarga Pensiunan Listrik Negara Wilayah Sumatera Selatan Jambi Bengkulu (IKPLN WS2JB) 2023-09-07T20:44:23+07:00 Oktaviani Eka Primordia Suswanti oktavianieps@mhs.mdp.ac.id Inayatullah Inayatullah inayatullah@mdp.ac.id <p>Setiap karyawan yang pensiun dari PT. PLN menjadi anggota IKPLN, IKPLN sebuah organisasi yang membantu karyawan pensiunan untuk tetap saling terhubung. Seiring dengan meningkatnya jumlah karyawan pensiunan, jumlah anggota IKPLN juga meningkat. Data karyawan pensiunan di IKPLN WS2JB masih disimpan dalam file terpisah, sehingga cukup sulit bagi bendahara perusahaan untuk menemukan, memproses, atau membuat data yang dibutuhkan. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas, dibangunlah sistem informasi berbasis web. Sistem ini memungkinkan bendahara untuk melakukan proses memasukkan data peserta pensiun, menghapus data peserta pensiun, mencari data peserta pensiunan, dan pembuatan laporan peserta pensiun. Teknologi yang digunakan dalam membangun aplikasi adalah HTML, CSS, Javascript, dan MongoDB untuk database. Dalam mengumpulkan data melalui proses wawancara dengan bendahara, observasi tentang organisasi, dan dilakukan studi literatur. Dalam mengembangkan sistem, menggunakan metode <em>Rational Unified Process</em> (RUP). Untuk prosesnya terdiri dari empat: inisiasi, elaborasi, konstruksi, dan transisi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aplikasi berhasil memecahkan masalah untuk pendataan peserta pensiun yang dihadapi oleh IKPLN WS2JB.</p> 2023-09-07T19:28:15+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/4730 Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik dengan Metode Topsis 2023-09-07T20:44:23+07:00 Stiven Liandry stivenlianndry@gmail.com Mulyati Mulyati mulyati@mdp.ac.id <p>Perusahaan distributor, bergerak sebagai distributor resmi Philips yang ada di Palembang Jumlah karyawan saat ini sebanyak 24 orang, Dalam proses bisnisnya, perusahaan distributor sering memberikan penghargaan kepada setiap karyawan-karyawan terbaiknya dalam bentuk bonus <em>/ insetif</em> berdasarkan target penjualan, hal ini di lakukan untuk memotivasi setiap karyawan dalam meningkatkan target penjualan / omset perusahaan. Pemberian <em>reward</em> / penghargaan itu akan di berikan setiap setahun sekali. Dalam pemilihan karyawan terbaik setiap periode, masih bersifat subjektif dimana hasil penilaiaan bisa saja berubah sewaktu-waktu dan hasil penilaiaan juga masih belum transparan sehingga hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja setiap karyawan, Oleh karena itu, penulis membantu mengatasi masalah tersebut dengan membangun sistem pendukung keputusan untuk mengidentifikasi karyawan terbaik Pada Perusahaan distributor dengan Metode Topsis Berbasis Website<em>.</em></p> 2023-09-07T19:38:49+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5705 Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Pada PT. Sukses Bangun Sriwijaya Dengan Metode TOPSIS 2023-09-07T20:44:23+07:00 Boby Setiawan bobysetiawawan2201@gmail.com Yulistia Yulistia yulistia@mdp.ac.id <p>Keberadaan sumber daya manusia&nbsp; (SDM) merupakan&nbsp; faktor krusial bagi perusahaan. Mengingat pentingnya peran SDM dalam suatu perusahaan, maka sangatlah penting untuk memberikan perhatian dan penghargaan setiap kali mereka mencapai keberhasilan tertentu. Pada proses penilaian karyawan terbaik PT Sukses Bangun Sriwijaya ada beberapa masalah yang muncul yaitu penilaian yang masih dilakukan secara manual. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan merancang dan mengembangkan aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik dengan menerapkan metode TOPSIS (Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution). Yang terbukti efisien untuk mencapai solusi keputusan secara praktis, ini terjadi karena konsepnya yang sederhana dan mudah dipahami. Pengembangan sistem ini dilakukan dengan menggunakan Metodologi Rational Unified Process (RUP), dalam hal ini, digunakanlah diagram use case, class diagram, dan activity diagram. Bahasa pemrograman yang dipilih adalah PHP dengan Framework Laravel, serta digunakan database MySql. Pelaksanaan tugas akhir ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang memudahkan dan menambah transparansi bagi perusahaan dalam proses pemilihan karyawan terbaik.</p> 2023-09-07T20:09:32+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5862 Peningkatan Metode YOLOv7 Dengan Proses Augmentasi Image Pada Klasifikasi Jenis Kupu-Kupu 2023-09-07T20:44:23+07:00 Desi Anggreani desianggreani@unismuh.ac.id Lukman Lukman lukman@unismuh.ac.id <p>Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung(TN-Babul) adalah Taman nasional yang cukup terkenal dengan berbagai keindahan alamnya. TN-Babul terletak disalah satu kabupaten di provinsi sulawesi selatan. Penangkaran kupu-kupu adalah hal yang paling mendominasi pada taman nasional tersebut hingga julukan The kingdom of butterfly disebut sebagai TN-Babul. Spesies kupu-kupu cukup banyak yang dimana mencapai 20.000, sekitar 2000 <em>spesies </em>ada di Indonesia dan 557 <em>spesies </em>ada di Pulau Sulawesi. Berbagai pengunjung baik masyarakat lokal, nasional dan panca negara datang ke TN-Babul, namun banyak pengunjung yang tidak mengetahui spesies kupu-kupu secara spesifik dan beranggapan bahwa spesies kupu-kupu semua sama. Dampak lain dari kurangnya pengetahuan mengenai spesies kupu-kupu adalah proses penagkaran yang tidak sesuai dengan habitatnya sehigga kepunahan dari spesies kupu-kupu bisa terjadi. Dalam penelitian ini, proses identifikasi dan klasifikasi spesies kupu-kupu dilakukan dengan menggunakan metode YOLOv7. Penggunakan metode YOLOv7 dikombinasikan dengan proses Augmentasi Image untuk dapat menghasilkan proses klasifikasi yang lebih baik. Dari proses implementasi yang telah dilakukan dengan menggunakan data set 1000 dan jumlah iterasi 1000 maka diperoleh hasil mAP sebesar 90%. Berdasarkan berbandingan dengan penelitian sebelumnya penelitian ini membuktikan bahwa proses Augmentasi Image dapat meningkatkan nilai mAP sebesar 2,97%.</p> 2023-09-07T20:11:33+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5313 Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website Menggunakan Metode Scrum 2023-09-07T20:44:24+07:00 Dias Akhdan Syarif Hidayatullah 19103130@ittelkom-pwt.ac.id Dedy Agung Prabowo dedy@ittelkom-pwt.ac.id Nicolaus Euclides Wahyu Nugroho nicolaus@ittelkom-pwt.ac.id <p>Desa Penusupan merupakan sebuah desa yang bertempatan di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal.&nbsp; Rendahnya penggunaan dan pemanfaatan teknologi sistem informasi pada pemerintahan, membuat Desa Penusupan masih belum memiliki sebuah layanan sistem informasi bagi masyarakatnya secara optimal. Sebagai contoh kasusnya, pendataan penduduk desa masih belum jelas, masih adanya nama orang yang sudah meninggal mendapatkan hak suara. Hal tersebut menjadi acuan untuk merancang sebuah sistem informasi pada Desa Penusupan. Sistem Informasi merupakan komponen yang memproses, menyimpan, menganalisis, serta mendistribusikan informasi yang terdiri dari manusia, teknologi, dan prosedur kerja untuk mencapai tujuan tertentu. Pada perancangan sistem informasi untuk Desa Penusupan dibuat menjadi sebuah <em>website</em> yang tujuannya untuk digunakan sebagai pendataan serta memberikan sarana informasi bagi masyarakat desa. Perancangan sistem informasi Desa Penusupan dilakukan dengan <em>scrum </em>sebagai metode penelitiannya. Perancangan terdiri dari 14 task dari 44 <em>product</em> <em>backlog </em>yang dibagi menjadi 3 <em>Sprint</em>. Pada <em>sprint</em>-1 memiliki 19 <em>Story</em> <em>Point</em>, <em>sprint</em>-2 memiliki 19 <em>story</em> <em>point</em>, dan pada <em>sprint</em>-3 memiliki 10 <em>story</em> <em>point</em>, dengan total 39 <em>story</em> <em>point</em>. Pengujian sistem dilakukan dengan <em>Blackbox</em> testing yang berfokus pada keperluan <em>software</em> yang menghasilkan bahwa Sistem Informasi Desa Penusupan Berbasis <em>Website</em> sesuai dengan scenario pengujian yang sudah dibuat sebelumnya</p> 2023-09-07T20:14:08+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5158 Analisis Data Mining untuk Prediksi Harga Saham: Perbandingan Metode Regresi Linier dan Pola Historis 2023-09-07T20:44:24+07:00 Albert Riyandi albert.abe@nusamandiri.ac.id Aripin Aripin aripinarina@gmail.com Ivan Nur Ardiansyah ivanivanpp12@gmail.com Rahmad Dany rdany1384@gmail.com Yusrizal Yusrizal rizalichal02@gmail.com <p>Abstrak</p> <p>Data mining menjadi salah satu teknik yang cukup menjanjikan dalam proses pembacaan dan pengumpulan data. Data menjadi asset penting yang dapat digunakan untuk mencari pola, guna memproyeksikan strategi dalam membangun proses pengembangan bisnis. Seperti halnya proyeksi investasi saham menjadi penting dalam pemilihan investasi yang tepat. Dalam prosesnya, investasi saham harus memiliki aspek kemampuan untuk memprediksi pergerakan harga saham. Namun, kemampuan tersebut di batasi dengan adanya ketidaktahuan masyarakat dalam mengelola investasi tersebut. Salah satu investasi saham yang menarik terutama di masa pandemi salah satunya adalah saham mikrosoft. Dengan membandingkan hasil metode regresi linier dan pola historis prediksi yang dihasilkan bisa jauh lebih akurat. Dari dataset analisis harga saham mikrosoft yang diambil sejak tahun 2018-2023 terdapat kesimpulan harga saham terendah mikrosoft bulan november 2022 sebesar 217,826, saham tertinggi bulan mei 2023 sebesar 309,948 dan rata-rata harga sebesar 260,787. Dari perhitungan tersebut didapatkan prediksi saham Microsoft tanggal 15 mei 2023 menggunakan regresi linier sebesar 306,976 dan pola historis sebesar 260,136 sehingga terdapat gap 46,84. Dilihat dari sisi data yang dihasilkan data gap perhitungan manual dengan regresi linier jauh lebih kecil dibandingkan pola historis sebesar 0,054 dan dari gap perhitungan manual dengan pola historis adalah 46,786.</p> <p>Kata kunci: Data Mining, Prediksi Saham, Regresi Linear, Pola Historis</p> <p>&nbsp;<em>Abstract</em></p> <p><em>Data mining is one of the promising techniques in the process of reading and collecting data. Data is an important asset that can be used to find patterns, to project strategies in building business development processes. As with stock investment projections, it becomes important in choosing the right investment. In the process, stock investment must have aspects of the ability to predict stock price movements. However, this ability is limited by the ignorance of the public in managing these investments. One of the interesting stock investments, especially during a pandemic, is microsoft stocks. By comparing the results of linear regression methods and historical patterns, the resulting predictions can be much more accurate.</em> <em>From the microsoft stock price analysis dataset taken from 2018-2023, there are conclusions that microsoft's lowest stock price in November 2022 was 217,826, the highest stock in May 2023 was 309,948 and the average price was 260,787. From this calculation, it is obtained that Microsoft's stock prediction for May 15, 2023 uses a linear regression of 306.976 and a historical pattern of 260.136 so that there is a gap of 46.84. In terms of the data generated, the manual calculation gap with linear regression is much smaller than the historical pattern of 0.054 and from the manual calculation gap with the historical pattern is 46.786.</em></p> <p><em>Keywords: Data Mining, Stock Predictions, Linear Regression, Historical Patterns</em></p> 2023-09-07T20:18:54+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/4949 Penerapan Algoritma K-means Pada Kasus HIV Di Jawa Barat Untuk Pengelompokan Berdasarkan Tingkat Penyebaran Di Setiap Kabupaten/Kota Menggunakan Rapidminer 2023-09-07T20:44:24+07:00 Dica Parameswari Syifa Dewi 2010631250008@student.unsika.ac.id Apriade Voutama apriade.voutama@staff.unsika.ac.id <p>HIV (Human Immunodeficiency Virus)&nbsp; adalah Virus yang menyerang&nbsp; sistem kekebalan tubuh manusia dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. HIV adalah penyakit mematikan yang belum bisa disembuhkan, tetapi terdapat pengobatan yang dapat dilakukan untuk&nbsp; memperlambat perkembangan penyakit HIV. Clustering dalam k-means adalah proses pengelompokan data menjadi beberapa kelompok atau cluster berdasarkan jarak antara data dengan centroid atau pusat massa. Tujuan clustering adalah untuk mengumpulkan data dengan karakteristik serupa ke dalam satu wilayah yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokkan wilayah yang memiliki tingkat penyebaran penyakit HIV yang serupa, sehingga dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam melakukan tindakan pencegahan dan pengobatan yang tepat. Dalam penelitian ini , peneliti membagi data menjadi 3 cluster . Dari 27 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat , peneliti menemukan hasil bahwa , terdapat 13 kabupaten atau kota yang termasuk kedalam cluster tingakt tinggi (C1) , terdapat 13 kabupaten atau kota yang termasuk kedalam cluster tingakt sedang (C2) , dan terdapat 1 kota yang termasuk kedalam cluster tingakt rendah (C2) . Dari penelitian tersebut diharapkan dapat membantu dinas kesehatan Provinsi Jawa Barat , dalam melakukan pencegahan dan juga meningkatkan penanganan kasus HIV di wilayah tersebut.</p> 2023-09-07T20:27:42+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/4929 Clustering Film Populer pada Aplikasi Netflix dengan Menggunakan Algoritma K-Means dan Metode CRISP-DM 2023-09-07T20:44:24+07:00 Ika Fitrianti ikafitrianti85@gmail.com Apriade Voutama apriade.voutama@staff.unsika.ac.id Yuyun Umaidah yuyun.umaidah@staff.unsika.ac.id <p>Netflix adalah platform video streaming yang paling banyak digunakan diseluruh dunia dan mulai mengadopsi teknologi analisis data dan machine learning untuk meingkatkan layanan pengguna. Netflix menggunakan data analisis untuk memahami perilaku pengguna sehingga pengguna dapat memberikan rekomendasi yang relevan. Pada penelitian ini dilakukan analisis cluster pada dataset yang berjumlah 7.637 data film Netflix yang sudah difilter menggunakan operator Rapidminer dan metode clustering. Pada penelitian ini menggunakan metode CRISP-DM dan algoritma K-Means dalam proses eksekusi di rapidminer. Dataset yang telah berhasil difilter terdapat 3 atribut yang digunakan dari 9 atribut dataset yang telah dikumpulkan yaitu <em>durasi, rating, dan votes</em>. Dari hasil pemodelan clustering, menunjukkan 3 cluster yang memiliki nilai rata-rata centroid yang berbeda. Dari ketiga kluster tersebut, cluster 1 menjadi cluster yang ciri-ciri ideal dalam mengelompokkan film popular di Netflix yaitu dengan nilai rata-rata pada atribut rating sebesar 8.180, atribut durasi sebesar 60.704, dan atribut votes sebesar 2602,684. Dari hasil peneltian tersebut diharapkan dapat membantu pengguna dalam menemukan film-film yang sesuai dengan minat dan preferensi pengguna.</p> 2023-09-07T20:29:29+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5643 Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Pelanggan Menggunakan Metode TOPSIS 2023-09-07T20:44:24+07:00 Richie Salim richiesalim71@mhs.mdp.ac.id Triana Elizabeth trianaelizabeth@mdp.a.id <p><em>Information technology is growing and becoming one of the factors supporting success in running a business. PT. Primakarsa Niaga Indonesia operates in the electronic distributor area located in Jalan Colonel H Burlian, Palembang. The company performs a customer assessment specifically for store customers every two times a year aiming for which customers would eventually qualify for the reward. There are barriers when the company will make a decision to determine the best customer, i.e. difficulty in determining which customer to choose because at the time of observation the customer buys a lot of goods but at the moment of payment is not on time. To facilitate this assessment, a decision-supporting system was developed using the TOPSIS method with a number of criteria determined by the company, methodologies RUP, use case, class diagram, and activity diagram. As for the tools used for the creation of this application is visual studio code as a code editor using the programming language PHP, the database used is MySQL database, and will use the Laravel framework. The result of this system is that it can help the company in making decisions faster to choose customers</em></p> 2023-09-07T20:31:19+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5958 Penggunaan Metode Webqual 4.0 Pada Analisis Kualitas Website SMK Negeri 2 Purwokerto 2023-09-07T20:44:24+07:00 Sarmini Sarmini minniemy85@gmail.com Nur Isnaeni Khoerida nurisnaenik24@gmail.com <p>Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat akan keberadaan SMK Negeri 2 Purwokerto sebagai penyelenggaran pendidikan formal, maka dari itu SMK Negeri 2 Purwokerto menggunakan website sebagai media penyebaran informasinya. Kepuasan pengguna adalah salah satu parameter untuk mengukur keberhasilan implementasi sebuah sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas website SMK Negeri 2 Purwokerto menggunakan metode webqual 4.0. Responden penelitian sebanyak 289 siswa SMK Negeri 2 Purwokerto. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara <em>online</em>, sedangkan pengolahan data menggunakan Smart-PLS. Hasil penelitian didapatkan nilai R-square yaitu 54% menyatakan bahwa kualitas website SMK Negeri 2 Purwokerto dipengaruhi oleh variabel dari Webqual 4.0. Kualitas website SMK Negeri 2 Purwokerto berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diusulkan diterima atau dapat dikatakan semua variabel berdampak signifikan terhadap kepuasan pengguna.</p> 2023-09-07T20:33:16+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5897 Pengembangan Aplikasi Payroll Berbasis Web Pada Institusi Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Universitas XYZ) 2023-09-07T20:44:24+07:00 Riko Rinaldiansyah Nugraha 41119036@mahasiswa.undira.ac.id Giri Purnama giri.purnama@undira.ac.id <p>Gaji merupakan bentuk pembayaran yang dilakukan secara berkala bedasarkan jangka waktu yang sudah ditetapkan kepada karyawan sesuai tugas-tugas dan pekerjaannya. Dalam penghitungan pembayaran gaji dilakukan menggunakan sistem <em>payroll</em> untuk mengatur setiap pembayaran jasa&nbsp; pegawai dengan efisien. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk membantu proses perhitungan gaji karyawan di Universitas XYZ agar lebih cepat dan efisien dikarenakan selama ini dalam proses penghitungannya dilakukan secara manual pada aplikasi <em>standalone</em> yang dimana hal ini kurang efektif. Pada&nbsp; proses perancangannya menggunakan UML (<em>Unified Modelling Language</em>) dan pengembangan dilakukan dengan metode SDLC (<em>System Development Life Cycle</em>). Kemudian pembuatan aplikasi <em>payroll</em> ini menggunakan <em>Framework Code Igniter 3</em> dengan <em>database MySql</em>. Dengan fitur dari aplikasi yaitu <em>login admin</em>, <em>finance</em> dan <em>user</em>, perhitungan gaji, dan cetak slip gaji. Adapun hasil dari penelitian ini adalah tersedianya rancangan pengembangan dan aplikasi sistem <em>payroll</em> pada Universitas XYZ untuk memproses penggajiannya.</p> 2023-09-07T20:34:53+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5847 Penerapan Metode RUP Untuk Sistem Informasi Reservasi Pada Pahlevi Tour & Travel Menggunakan Payment Gateway 2023-09-07T20:44:24+07:00 Wenniati Wenniati wenniatih@gmail.com Retno Maharesi rmaharesi@staff.gunadarma.ac.id <p>Perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan begitu pesat sehingga mendorong Pahlevi Tour &amp; Travel untuk mengubah sistem penjualan paket wisata secara konvensional menjadi berbasis web. Pahlevi Tour &amp; Travel sudah sangat berpengalaman di industri pariwisata. Namun dalam pemesanan paket wisata pelanggan harus mendatangi lokasi untuk memperoleh informasi mengenai paket wisata apa saja yang yang tersedia seperti destinasi wisata, deskripsi wisata, biaya, transportasi, dan ketentuan lainnya sebelum melakukan pemesanan paket wisata. Pahlevi Tour &amp; Travel dalam pembuatan laporan dan pencatatan administrasi masih menggunakan sistem manual, sehingga memakan waktu yang lama karena harus merekap data <em>booking </em>secara manual. Maka dari itu, dirancang sebuah sistem informasi reservasi berbasis web yg diintegrasikan dengan <em>payment gatewey </em>sehingga dapat memudahkan dalam pemesanan paket wisata, pembuatan laporan, dan proses transaksi. Tahapan pengembangan sistem ini meliputi perancangan UML, <em>Activty Diagram</em>, <em>Class Diagram</em>, implementasi antarmuka, dan pengujian <em>black-box testing, compatibility, </em>dan <em>user acceptancse testing</em>. Pada pengujian <em>black-box</em> semua butir uji menghasilkan nilai valid, pengujian <em>compatibility </em>terdapat <em>minor issues pada browser firefox dan safari, dan </em>pengujian UAT menghasilkan 88,16% untuk user dan 89% untuk admin. Berdasarkan skala likert penilaian responden masuk kedalam kategori sangat setuju. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi reservasi berbasis <em>website</em> yang memudahkan pemesanan paket wisata, proses transaksi dan pembuatan laporan secara cepat dan akurat.</p> <p><em>The development of information technology has progressed so rapidly that it encourages Pahlevi Tour &amp; Travel to change the conventional tour package sales system to web-based. Pahlevi Tour &amp; Travel is very experienced in the tourism industry. However, in booking a tour package, customers must visit the location to obtain information about what tour packages are available such as tourist destinations, tour descriptions, fees, transportation, and other provisions before booking a tour package. Pahlevi Tour &amp; Travel in making reports and administrative records still uses a manual system, so it takes a long time because it has to recap booking data manually. Therefore, a web-based reservation information system is designed that is integrated with payment gatewey so that it can facilitate the booking of tour packages, making reports, and processing transactions. The stages of development of this system include UML design, Activty Diagram, Class Diagram, interface implementation, and black-box testing, compatibility, and user acceptancse testing. In the black-box test all test items returned valid values, compatibility testing had minor issues in firefox and safari browsers, and UAT testing resulted in 88.16% for users and 89% for admins. Based on the Likert scale, respondents' ratings fall into the category of strongly agree. The result of this study is a website-based reservation information system that facilitates booking tour packages, transaction processes and making reports quickly and accurately.</em></p> 2023-09-07T20:36:44+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5988 Implementasi Metode Design Thinking Untuk Merancang User Interface dan User Experience Aplikasi BANDOL (Banaran Ndue Darurat Online) 2023-09-12T08:23:49+07:00 Sarmini Sarmini minniemy85@gmail.com Alya Khansa Dzakkiyah alyakhns26@gmail.com <p>Letak wilayah Kelurahan Pasir Kidul yang memiliki berbagai macam karakteristik seperti padat penduduk, Daerah Aliran Sungai (DAS), jalur lintas jalan propinsi dan kawasan industri menjadikan wilayah Kelurahan Pasir Kidul rawan akan kejadian bencana alam ataupun tindak kejahatan. Masih belum adanya sistem peringatan dini di wilayah tersebut menyebabkan tidak ada antisipasi warga dalam menghadapi kejadian bencana dan lambatnya penanganan dari pihak terkait bahkan timbulnya korban jiwa. Maka dari ini penelitian ini akan membuat rancangan antarmuka aplikasi BANDOL. Aplikasi BANDOL merupakan aplikasi tanggap darurat yang diharapkan dapat memantau lingkungan Kelurahan Pasir Kidul serta memberikan peringatan ketika terjadi bencana ataupun tindak kejahatan. Pada perancangan antarmuka aplikasi ini menggunakan metode design thinking yang meliputi beberapa tahapan yaitu empathize (mengumpulkan masalah), define (mendefinisikan permasalahan), ideate (menghasilkan ide dan inovasi), prototype (kerangka desain), dan testing (pengujian hasil). Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan antarmuka aplikasi BANDOL, dan berdasarkan pada pengujian SUS didapatkan nilai sebesar 77,1 dengan kategori nilai adalah baik atau dapat dikatakan rancangan aplikasi telah sesuai dengan kebutuhan pengguna.</p> 2023-09-12T08:23:49+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/5371 Sistem Informasi Manajemen Pada Dinas Pangan Kabupaten Labuhanbatu 2023-09-22T14:15:39+07:00 Siti Marlina Ritonga linaritonga600@gmail.com Ali Ikhwan ali_ikhwan@uinsu.ac.id Raissa Amanda Putri raissa.ap@uinsu.ac.id <p><em>Labuhanbatu District Food Service is an agency that has the task of assisting the Regent, in carrying out the affairs of the field of food, food distribution and food consumption patterns. As for the data processing business at the Labuhanbatu District Food Service, it has been computerized using Microsoft Excel</em>. <em>But it still has shortcomings in its use, such as data can be lost at any time, and for shared use it is still not appropriate to use because users will find it difficult if they want to update data, because the data is not stored in the database. This information management system of data processing based website is built using the laravel framework. The system design method used is to use the waterfall method. This application can make data processing at the Labuhanbatu District Food Service better and support food progress in Labuhanbatu Regency.</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> 2023-09-22T14:15:39+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/6077 Analisis Perbandingan Algoritma Kriptografi Simetris Dan Asimetris Dalam Meningkatkan Keamanan Sistem Informasi 2023-09-22T14:19:04+07:00 Zaenul Arif zendhunter@gmail.com Akhmad Nurokhman akhmad_nurokhman@yahoo.com <p>Keamanan informasi menjadi sangat penting di masa sekarang ini. Ada teknik&nbsp; yang digunakan untuk meningkatkan keamanan data adalah dengan menggunakan teknologi kriptografi. Ada dua kriptografi yang umum digunakan yaitu kriptografi simetris dan kriptografi asimetris. Kedua kriptografi ini mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing yang bisa mempengaruhi tingkat keamanan informasi yang dihasilkan. Oleh karena itu, perbandingan kinerja dan keamanan dari kedua jenis kriptografi tersebut perlu dilakukan untuk menentukan jenis kriptografi mana yang paling cocok digunakan dalam sistem informasi tertentu. Dalam penelitian ini, kami melakukan analisis perbandingan algoritma kriptografi simetris dan asimetris dalam meningkatkan keamanan sistem informasi. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan tinjauan literatur dari studi sebelumnya, dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti keamanan, efisiensi, dan kemudahan implementasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kriptografi simetris lebih cepat dan lebih efisien dalam memproses data daripada kriptografi asimetris. Namun, kriptografi asimetris lebih aman dan dapat memberikan keamanan yang lebih baik terutama dalam komunikasi jarak jauh dan pembuatan tanda tangan digital. Oleh karena itu, pemilihan jenis kriptografi harus disesuaikan dengan kebutuhan sistem informasi yang digunakan.</p> 2023-09-22T14:19:04+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/6012 Rancang Bangun Sistem Informasi Kepegawaian pada PT Ginting Jaya Energi 2023-10-02T08:49:59+07:00 Christian Felix Irwanto christianfelix0606@gmail.com Dorie P. Kesuma dpkesuma@staff.mdp.ac.id <p>Sistem informasi menjadi faktor penting dalam proses bisnis suatu perusahaan yang membutuhkan pengelolaan informasi yang baik. PT. Ginting Jaya Energi merupakan sebuah perusahaan kontraktor bidang migas dan spesialisasi layanan jasa dan pengadaan rig di Indonesia. Pada perusahaan ini memiliki beberapa masalah terkait kepegawaian pada perusahaan, seperti perusahaan masih belum ada data untuk melihat data calon karyawan, permohonan/pengajuan cuti dan resign masih manual dan belum terdata, belum ada data absensi karyawan untuk menentukan punishment, dan waktu cuti yang diambil karyawan terkadang tidak sesuai dengan waktu yang diajukan. Sistem kepegawaian yang akan dibangun ini berbasis website dengan menggunakan metode RUP (Rational Unified Process) yang memiliki 4 (empat) fase yaitu Inception, Elaboration, Construction, dan Transition. Saat ini perancangan sistem untuk perusahaan penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Hasil dari pengembangan sistem informasi kepegawaian ini pada perusahaan dapat mengatasi permasalahan yang sedang dialami oleh PT. Ginting Jaya Energi.</p> 2023-10-02T08:49:59+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/6124 Desain Aplikasi Daily Reminder Menggunakan Model-View Controller Dan Data Access Object 2023-10-02T22:11:00+07:00 Mohammad Fajar fajar@kharisma.ac.id Fudianto Ciuandi fudiantociuandi_17@kharisma.ac.id Abdul Munir abdulmunir@kharisma.ac.id <p class="western" align="justify"><span style="color: #000000;"><span style="font-size: small;">Kemudahan modifikasi merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan dan perawatan perangkat lunak. Olehnya itu, penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan pendekatan Model View Controller (MVC) dan pola Data Access Object (DAO) dalam merancang aplikasi jadwal harian (Daily Reminder) berbasis platform Android. Penggunaan pola rancangan MVC dan DAO didasarkan pada usaha untuk memudahkan perangkat lunak dimodifikasi dimasa depan guna keperluan pengembangan atau perawatan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi literatur dan evaluasi rancangan sistem menggunakan metrik rancangan berorientasi objek. Berdasarkan hasil pengukuran disimpulkan bahwa pemakaian pendekatan MVC dan DAO dalam perancangan aplikasi daily reminder menaikkan tingkat modifikasi pada Attribute Hiding Factor (AHF) sebesar 0,042073055, Polymorphism Factor (POF) sebesar 0,164408867, Number of Methods Inherited (NMO) sebesar 20, dan Reuse Ratio (RR) sistem sebesar 0,105263158. Hal ini menunjukkan pemakaian pola rancangan MVC dan DAO tersebut dapat memudahkan aplikasi yang dirancang untuk dimodifikasi di masa depan.</span></span></p> 2023-10-02T22:08:54+07:00 ##submission.copyrightStatement##