Analisis Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Tokopedia Berbasis Mobile Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)

  • Fatimah Nadia Program Studi Sistem Informasi, STMIK Global Informatika MDP
  • Sudiadi Sudiadi Program Studi Sistem Informasi, STMIK Global Informatika MDP
  • Ery Hartati Program Studi Sistem Informasi, STMIK Global Informatika MDP
Keywords: Tokopedia, TAM, SPSS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknologi dari Tokopedia. Variabel yang
dipakai dalam penelitian ini adalah Perceived Uselfulness, Perceived ease of Use, dan
Behavioral Use terhadap minat beli pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan data deskriptif dan kausal. Teknik analisis data menggunakan Technology Acceptance
Model (TAM) dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diambil datanya menggunakan
kuesioner disebar melalui Google Form. Hasil dari kuesioner diolah menggunakan SPSS 23.
Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dari 3 hipotesis
yang diajukan semua hipotesis tersebut diterima. Variabel Perceived Usefulness mendapatkan
hasil sebesar 1,880, Perceived ease of Use mendapatlan hasil sebesar 7,921, dan Behavioral Use
mendapatkan hasil sebesar 0,259 artinya hanya variabel Perceived ease of use yang hanya
berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pengguna Tokopedia. Sedangkan
berdasarkan hasil dari analisis secara simultan menunjukan bahwa variabel Perceived
Usefulness (X1), Perceived ease of Use (X2), dan Behavioral Use (X3) mendapatkan hasil
sebesar 82,3% artinya terdapat pengaruh terhadap minat beli pengguna Tokopedia.

Published
2021-04-13