Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi Maxim Mobile Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Servqual

  • Fatimah Azzahrah Program Studi Sistem Informasi, STMIK Global Informatika MDP
  • Lisa Amelia Program Studi Sistem Informasi, STMIK Global Informatika MDP
Keywords: Maxim, Service quality, SPSS

Abstract

Perkembangan teknologi merambah di seluruh bidang tidak hanya merambah disatu
bidang saja, namun telah merambah di semua sektor kehidupan manusia termasuk transportasi.
Internet sangat dibutuhkan saat ini termasuk dalam kegiatan sehari-hari masyarakat. Penelitian
ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh prinsip service quality terhadap
kepuasan pengguna. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini berupa data yang
didapatkan melalui kuesioner yang disebar kepada pengguna Maxim, data yang nantinya akan
di gunakan sebagai sumber data uji hipotesis menggunakan SPSS 23. Sesuai dengan rumusan
permasalahan yang telah diuraikan, terjawab bahwa hasil dari analisis secara parsial
menunjukan bahwa variabel Reability (X1), variabel Responsiveness (X2), variabel Assurances
(X3), variabel Emphaty (X4) dan variabel Tangibles (X5) berpengaruh secara positif namun tidak
signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Maxim. Sedangkan berdasarkan hasil dari
analisis secara simultan menunjukan bahwa variabel variabel Reability (X1), variabel
Responsiveness (X2), variabel Assurances (X3), variabel Emphaty (X4) dan variabel Tangibles
(X5) berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna aplikasi Maxim dengan hasil 51%.

Published
2021-04-06