Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS)

  • Dien Novita Program Studi Sistem Informasi, STMIK Global Informatika MDP
  • Fareza Helena Program Studi Sistem Informasi, STMIK Global Informatika MDP
Keywords: Traveloka, kepuasan, pengguna, TAM, EUCS

Abstract

Saat ini e-commerce dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam era
digital. Salah satu e-commerce yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan
masyarakat adalah Traveloka yang saat ini menjadi platform yang populer dengan seringnya
dikunjungi oleh masyarakat. Dikarenakan banyaknya pengguna yang melakukan perjalanan
dengan menggunakan aplikasi Traveloka maka dilakukanlah penelitian untuk mengukur apakah
pengguna aplikasi Traveloka merasa puas saat menggunakan aplikasi tersebut. Model yang akan
digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna adalah Metode Technology Acceptance Model
(TAM) dan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Proses pengumpulan data
dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada 100 responden. Berdasarkan hasil analisis yang
telah dilakukan menggunakan metode TAM semua hipotesis diterima yaitu perceived ease of
use berpengaruh terhadap perceived usefulness, perceived ease of use berpengaruh terhadap
attitude toward using, attitude toward using berpengaruh terhadap behavioral intention dan
behavioral intention berpengaruh terhadap actual usage. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna
puas dengan aplikasi Traveloka. Sedangkan metode EUCS, dari 5 hipotesis, hanya 3 hipotesis
yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna yaitu variabel content, format, dan ease of use.
Hal ini menunjukkan dari 10 pengujian hipotesis, 80% disimpulkan bahwa Traveloka memenuhi
kepuasan pengguna dan sisanya 20% pihak pengelola harus memperhatikan faktor tampilan dan
respon time aplikasi.

Published
2021-04-06