Implementasi Algoritma Topsis untuk Menentukan Gaya Belajar Siswa

  • Nurdina Rasjid Universitas Sulawesi Barat
  • Hendra Lesmana Universitas Sulawesi Barat
  • Sulfayanti Faharuddin Situju Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Gaya belajar, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS

Abstract

Guru umumnya melakukan proses pembelajaran dengan model dan strategi pembelajaran yang beragam tetapi tidak memberi perhatian terhadap gaya belajar siswa. Padahal salah satu hal yang dapat mempengaruhi pencapaian prestasi siswa dalam pendidikan adalah gaya belajar siswa atau kecenderungan siswa dalam memproses materi pelajaran yang diterima dari guru. Namun, baik guru ataupun siswa sendiri belum banyak yang menyadari gaya belajar mana yang lebih dominan pada setiap siswa. Pemanfaatan teknologi informasi seperti sistem pendukung keputusan diharapkan dapat membantu guru maupun siswa itu sendiri dalam mengetahui gaya belajar yang tepat bagi seorang siswa. Sehingga, dengan mengetahui gaya belajar setiap siswa, siswa dapat menerima proses pembelajaran dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan sistem pendukung keputusan untuk menentukan gaya belajar siswa guna membantu guru atau siswa dalam mengetahui gaya belajar yang tepat bagi seorang siswa menggunakan metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) karena metode ini merupakan metode pengambilan keputusan yang tepat digunakan pada kasus multi kriteria. Uji coba sistem pendukung keputusan ini dilakukan pada siswa SMA Negeri 2 Majene dan menunjukkan bahwa sistem mampu berjalan dengan baik secara fungsional dan mampu memberikan rekomendasi mengenai gaya belajar yang tepat untuk siswa.

References

[1] D. Arisandi and A. Saputra, “Aplikasi Sistem Pakar untuk Menentukan Gaya Belajar Anak Usia Sekolah Dasar,” J. Teknol. Inf. Komun. Digit. Zo., vol. 6, no. 2, pp. 12–17, 2015.

[2] S. Jumroidah, Kadir, and Suhar, “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Unaaha,” J. Penelit. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 3, p. 57, 2019, doi: 10.36709/jppm.v6i3.9140.

[3] W. Y. Yulianti, Liza Trisnawati, and Theresia Manullang, “Sistem Pakar Dengan Metode Certainty Factor dalam Penentuan Gaya Belajar Anak Usia Remaja,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 2, pp. 120–130, 2019, doi: 10.31849/digitalzone.v10i2.2781.

[4] J. Karnando and L. Slamet, “Sistem Pakar Menentukan Gaya Belajar Siswa dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 8, no. 2, p. 9, 2020, doi: 10.24036/voteteknika.v8i2.109035.

[5] S. Rohani, “Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Modalitas atau Gaya Belajar Anak,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2012.

[6] O. Kristanti, “Aplikasi untuk Menentukan Gaya Belajar Siswa,” Universitas Dian Nuswantoro, 2013.

[7] D. Sahana, “Aplikasi Penentuan Tiga Gaya Belajar Siswa Menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus SDN Puhrubuh 1),” 2018.

[8] T. Mardiana, “Penerapan Algoritma TOPSIS Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pinjaman pada Koperasi Karyawan,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 2, no. 2, pp. 72–83, 2017.

[9] A. Mubarok, H. D. Suherman, Y. Ramdhani, and S. Topiq, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit dengan Metode TOPSIS,” J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 37–46, 2019, doi: 10.31294/ji.v6i1.4739.

[10] A. Novianto, P. Purwanto, and D. Achadiani, “Implementasi Algoritma TOPSIS untuk Menentukan Siswa Terbaik Pada Smk Makarya Tangerang,” Skanika, vol. 3, no. 4, pp. 15–20, 2020, [Online]. Available: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/SKANIKA/article/view/2106

[11] B. S. Prayoga and W. M. Pradnya, “Sistem Pendukung Keputusan Jurusan di MAN II Yogyakarta Menggunakan Algoritma TOPSIS,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2017, pp. 55–60. [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1661

[12] I. Muzakkir, “Penerapan Metode TOPSIS untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin pada Desa Panca Karsa II,” Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 274–281, 2017, doi: 10.33096/ilkom.v9i3.156.274-281.

[13] W. Firgiawan, N. Zulkarnaim, and S. Cokrowibowo, “Komparasi Algoritma SAW, AHP, dan TOPSIS dalam Penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT),” J. Comput. Inf. Syst. ( J-CIS ), vol. 1, no. 2, pp. 1–11, 2019, doi: 10.31605/jcis.v1i2.426.

[14] A. Musthafa, H. Suyono, and M. Sarosa, “Perbandingan Kinerja Algoritma C.45 dan AHP-TOPSIS sebagai Pendukung Keputusan Proses Seleksi Penerima Beasiswa,” J. EECCIS, vol. 9, no. 2, pp. 109–114, 2015, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/69524-ID-perbandingan-kinerja-algoritma-c45-dan-a.pdf
Published
2024-06-04