Perencanaan Strategis Sistem Informasi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Proses Bisnis di PT. Karunia Mitra Distribusi

  • Risa Adinda Putri Universitas Multi Data Palembang
  • Cicilia Hendri Yanto Universitas Multi Data Palembang
  • Irhaz Amalia Universitas Multi Data Palembang
  • Lusia Evi Sinarudia Universitas Multi Data Palembang
  • Desy Iba Ricoida Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Perencanaan Strategi Sistem Informasi, Metode Ward & Peppard, Future Application Portofolio

Abstract

PT. Karunia Mitra Distribusi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang farmasi sebagai Pedagang Besar Farmasi (PBF), telah menerapkan sistem informasi dan teknologi informasi untuk mendukung strategi bisnisnya. Meskipun demikian, strategi bisnis dan implementasi SI/TI yang digunakan belum sepenuhnya optimal dalam mencapai keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, dilakukan analisis keselarasan antara strategi bisnis dan pemanfaatan IT, serta penyusunan usulan dokumen perencanaan strategis Sistem Informasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan mendukung pencapaian visi dari perusahaan yaitu Menjadi perusahaan distribusi farmasi yang unggul dan terpercaya dengan menyediakan produk yang bermutu, pelayanan prima serta berperan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Analisis dilakukan menggunakan metode Ward & Peppard, dengan melibatkan berbagai tools untuk menganalisis aspek bisnis dan SI/TI, baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Hasil dari analisis yang dilakukan berupa future application portofolio yang berupa usulan pengembangan sistem informasi kedepan antara lain yaitu Website Resmi Perusahaan, Aplikasi Pemesanan dan Sistem e-procurement. Dengan demikian, dokumen perencanaan strategis SI/TI diharapkan dapat menjadi landasan bagi PT. Karunia Mitra Distribusi dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif dan mewujudkan visinya sebagai perusahaan distribusi farmasi unggul dan terpercaya, berkontribusi pada kesehatan masyarakat.

References

[1] A. A. Fauzi, dkk., Pemanfaatan teknologi informasi diberbagai sektor pada masa Society 5.0. Indonesia: Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

[2] M. Mustaqimah, R. Saputri, dan A. R. Hakim, “Narrative Review: Implementasi Distribusi Obat yang Baik di Pedagang Besar Farmasi,” J. Surya Med., vol. 6, no. 2, hal. 119–124, 2021, doi: 10.33084/jsm.v6i2.2128.

[3] O. S. Sigalingging dan I. Musfiroh, “Analisis Kualifikasi Pemasok Obat di Salah Satu Pedagang Besar Farmasi (PBF) di Kota Bandung,” Maj. Farmasetika, vol. 7, no. 5, hal. 469–477, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.unpad.ac.id/farmasetika/article/view/39626/17765

[4] A. S. Faqih dan A. D. Wahyudi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus : Matchmaker),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, hal. 1–8, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

[5] Q. Ain, N. Norlaila, S. A. Bambang, S. Sukoco, D. Ariatmanto, dan A. M. Wijaya, “Pendekatan Metode Ward And Peppard Untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi Lembaga Pelatihan XYZ,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 4, hal. 1880–1895, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i4.1174.

[6] I. Alaslan, Amtai Daga, Rosnaini Kartikawati, Yeni Nurdiansyah Wadud, Muhammad Pribadi Syakri, Firman Barlian, Barin Lestari Putri, Suci Syah Rahmat Yanuar, Tantri Wulandari Sri, Dyah Ismayanti Rakhmawati, Manajemen Strategis. Indonesia: Global Eksekutif Teknolo, 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.google.co.id/books/edition/Manjemen_Strategis/eBjEEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=analisis+value+chain+adalah&pg=PA90&printsec=frontcover

[7] A. Wiyono dan A. F. Wijaya, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Semarang Menggunakan Ward And Peppard.,” J. Bina Komput., vol. 2, no. 1, hal. 23–32, 2020, doi: 10.33557/binakomputer.v2i1.797.

[8] E. Fradinata, Strategi Perusahaan. Indonesia: : Syiah Kuala University Press, 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Perusahaan/QOBkEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=analisis+pest+adalah&pg=PA177&printsec=frontcover

[9] A. Paramansyah, MANAJEMEN STRATEGIS Strategi, Konsep, & Proses Organisasi. Indonesia: Almuqsith Pustaka, 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_STRATEGIS/hE-FEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=analisis+porter+5+forces+adalah&pg=PR6&printsec=frontcover

[10] F. W. Kusuma dan D. I. Ricoida, “Strategi Perencanaan SI/TI Pada Perusahaan Waralaba (Studi Kasus: PT. GBR),” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 3, hal. 203–214, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/4539/1559
Published
2024-06-04