Implementasi Metode Design Thinking Untuk Merancang User Interface dan User Experience Aplikasi BANDOL (Banaran Ndue Darurat Online)

  • Sarmini Sarmini Universitas Amikom Purwokerto
  • Alya Khansa Dzakkiyah Universitas Amikom Purwokerto
Keywords: aplikasi, bandol, design thinking, rancangan, UI/UX

Abstract

Letak wilayah Kelurahan Pasir Kidul yang memiliki berbagai macam karakteristik seperti padat penduduk, Daerah Aliran Sungai (DAS), jalur lintas jalan propinsi dan kawasan industri menjadikan wilayah Kelurahan Pasir Kidul rawan akan kejadian bencana alam ataupun tindak kejahatan. Masih belum adanya sistem peringatan dini di wilayah tersebut menyebabkan tidak ada antisipasi warga dalam menghadapi kejadian bencana dan lambatnya penanganan dari pihak terkait bahkan timbulnya korban jiwa. Maka dari ini penelitian ini akan membuat rancangan antarmuka aplikasi BANDOL. Aplikasi BANDOL merupakan aplikasi tanggap darurat yang diharapkan dapat memantau lingkungan Kelurahan Pasir Kidul serta memberikan peringatan ketika terjadi bencana ataupun tindak kejahatan. Pada perancangan antarmuka aplikasi ini menggunakan metode design thinking yang meliputi beberapa tahapan yaitu empathize (mengumpulkan masalah), define (mendefinisikan permasalahan), ideate (menghasilkan ide dan inovasi), prototype (kerangka desain), dan testing (pengujian hasil). Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan antarmuka aplikasi BANDOL, dan berdasarkan pada pengujian SUS didapatkan nilai sebesar 77,1 dengan kategori nilai adalah baik atau dapat dikatakan rancangan aplikasi telah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

References

[1] D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
[2] A. M. Denasfi and E. G. Wahyuni, “Perancangan User Interface dan User Experience Situs Web Aplikasi Traveling ‘ANGLO’ dengan Metode Design Thinking,” Automata, vol. 4, no. 1, 2023, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/download/26335/14742.

[3] F. N. Asfarisy and H. Koesyanto, “Implementasi Sistem Tanggap Darurat Berdasarkan National Fire Protection Association (NFPA) 1600 di PT. LG Electronics Indonesia,” Indones. J. Public Heal. Nutr., vol. 1, no. 2, pp. 223–233, 2021, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/IJPHN.

[4] G. Septyana, “Sistem Informasi Tanggap Darurat Terpadi di BPBD Kabupaten Majalengka,” IKRA-ITH Inform., vol. 4, no. 3, pp. 120–124, 2020.

[5] Sharyanto, Suhartono, and B. G. Sudarsono, “Rancang Bangun Sistem Tanggap Darurat Berbasis Web Suku Dinas Penangulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara,” J. Manaj. Inform. Jayakarta, vol. 2, no. April, pp. 198–207, 2022.

[6] G. Karnawan, S. Andryana, and T. Komalasari, Ratih, “Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 61, 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.540.

[7] M. I. Ikhlas and Z. Zukhri, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Website Tracking GPS Tiara Track,” Automata, vol. 3, no. 2, pp. 101–110, 2022, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/24213.

[8] R. A. Yudarmawan and D. M. S. Sudana, A.A Komplang Oka, Arsa, “Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS pada Bagian Layanan,” JITTER-Jurnal Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 1, no. 2, 2020.

[9] C. S. Surachman, M. R. Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in,” TeIKa, vol. 12, no. 2, pp. 157–169, 2022, doi: 10.36342/teika.v12i02.2922.

[10] R. P. Gani, I. A. Puspita, and W. Tripiawan, “Perancangan UI/UX Design Pada Dashboard Monitoring Proyek Menggunakan Metode Design Thinking Untuk Penerapan Sistem Earned Value Management Pada PT. XYZ,” e-Proceeding Eng., vol. 8, no. 5, p. 8465, 2021.
Published
2023-09-12