Penggunaan Metode Webqual 4.0 Pada Analisis Kualitas Website SMK Negeri 2 Purwokerto

  • Sarmini Sarmini Universitas Amikom Purwokerto
  • Nur Isnaeni Khoerida Universitas Amikom Purwokerto
Keywords: kepuasan pengguna, kualitas, webqual, website

Abstract

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat akan keberadaan SMK Negeri 2 Purwokerto sebagai penyelenggaran pendidikan formal, maka dari itu SMK Negeri 2 Purwokerto menggunakan website sebagai media penyebaran informasinya. Kepuasan pengguna adalah salah satu parameter untuk mengukur keberhasilan implementasi sebuah sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas website SMK Negeri 2 Purwokerto menggunakan metode webqual 4.0. Responden penelitian sebanyak 289 siswa SMK Negeri 2 Purwokerto. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online, sedangkan pengolahan data menggunakan Smart-PLS. Hasil penelitian didapatkan nilai R-square yaitu 54% menyatakan bahwa kualitas website SMK Negeri 2 Purwokerto dipengaruhi oleh variabel dari Webqual 4.0. Kualitas website SMK Negeri 2 Purwokerto berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diusulkan diterima atau dapat dikatakan semua variabel berdampak signifikan terhadap kepuasan pengguna.

References

[1] V. Simanjuntak and S. E. Susanti, Elva, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan dan Penyewaan Properti Berbasis Web di Kota Batam,” Comasie, vol. 6, no. 2, pp. 107–118, 2020.

[2] I. Agustian, H. E. Saputra, and A. Imanda, “Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan di PT. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu,” Prof. J. Komun. dan Adm. Publik, vol. 6, no. 1, pp. 42–60, 2019, doi: 10.37676/professional.v6i1.837.

[3] N. F. Amalia and E. Zuraidah, “Analisa Kualitas Layanan Web Pendaftaran Online Pada MI Satria Menggunakan Metode Servqual,” Resolusi Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 2, no. 6, pp. 274–282, 2022, doi: 10.30865/resolusi.v2i6.420.

[4] A. S. Setiawan and F. P. Sihotang, “Sistem Informasi Manajemen Perancangan Monitoring Kinerja Teknisi Servis Berbasis Website Dengan Metode Rational Unified Process (RUP),” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 189–201, 2022, doi: 10.35957/jtsi.v3i2.3028.

[5] Minarwati and Intan Hidayah, “Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisis Kualitas Website STMIK El Rahma Terhadap Kepuasan Pengguna,” FAHMA – J. Inform. Komputer, Bisnis dan Manaj., vol. 22, no. 2, pp. 87–99, 2022.

[6] G. F. Mandias, S.Kom, M.Cs, Y. Septiawan, and M. J. Bojoh, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA Terhadap Situs Sla Tompaso,” CogITo Smart J., vol. 7, no. 2, pp. 396–406, 2021, doi: 10.31154/cogito.v7i2.331.396-406.

[7] A. Muhsin and D. A. Zuliestiana, “Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webqual) 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Bukalapak di Kota Bandung,” e-Proceeding Manag., vol. 4, no. 3, pp. 18–19, 2017.

[8] T. Sentia, M. Mustafia, and E. Zuraidah, “Analisa Kualitas Layanan Pada E-learning di Sekolah Menggunakan Metode Servqual,” J. Informatics Manag. Inf. Technol., vol. 2, no. 3, pp. 100–108, 2022.

[9] F. Muttakin, D. D. Aprillia, and M. Kumalasari, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Terhadap Pengguna Akhir Menggunakan Webqual 4.0,” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 3, no. 3, pp. 300–308, 2022.

[10] L. Putra Pratama, D. Pratama, and R. Teguh, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Absen Di Institusi XYZ Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” JTSI, vol. 4, no. 1, pp. 63–74, 2023.

[11] S. D. Silaban and D. Pibriana, “Penggunaan Model UEQ untuk Menganalisis Kualitas Pengalaman Pengguna Aplikasi Xaris di Gereja Methodist Indonesia,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 229–242, 2022, doi: 10.35957/jtsi.v3i2.3016.

[12] V. Sandri and D. Novita, “Analisis Kualitas Website SIMPEBAJA dari Faktor Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 99–109, 2023.

[13] A. Yudistira and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 176–188, 2022, doi: 10.35957/jtsi.v3i2.3059.

[14] Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, 3rd ed. Bandung: Alfabeta, 2022.

[15] M. J. Roche, A. L. Pincus, M. R. Lukowitsky, K. S. Ménard, and D. E. Conroy, “An integrative approach to the assessment of narcissism,” J. Pers. Assess., vol. 95, no. 3, pp. 237–248, 2013, doi: 10.1080/00223891.2013.770400.
Published
2023-09-07