Metode UEQ Untuk Mengukur User Experience Pengguna SIMPEG pada Balai KSDA Sumatera Selatan

  • Mutiara Salsabila Universitas Multi Data Palembang
  • Desi Pibriana Universitas Multi Data Palembang
  • Rizani Teguh Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Simpeg, User Experience Questionnaire, tools, Purposive

Abstract

Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) dibangun sebagai penunjang dan pendukung pekerjaan pegawai. Simpeg pegawai bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses setiap data yang berhubungan dengan data pribadi setiap pegawai dan dukungan dalam penyelesaian pekerjaan pegawai pada balai KSDA Sumsel. Berdasarkan kuesioner awal terdapat beberapa permasalahan mengenai kurang updatenya data kepegawaian, kurangnya beberapa fitur monitoring dan kurangnya pemahaman fitur-fitur pada aplikasi simpeg. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur tingkat user experience dalam penggunaan simpeg dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Metode UEQ memiliki tools sendiri sebagai alat bantu dalam pengolahan datanya, memiliki 26 skala/indikator penelitian yang berasal dari 6 variabel penelitian (attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, novelty) yang terkait dengan pengalaman pengguna sehingga dapat menghasil data yang valid. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 34 pengguna simpeg dan pengolahan datanya menggunakan tools UEQ version 10. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Setelah melakukan penelitian didapatkan hasil yaitu keseluruhan aspek memiliki nilai rata-rata positif  > 0,8 dengan nilai attractiveness (2,52), perspicuity (2,64), efficiency (2,62), dependability (2,31), stimulation (2,43), novelty (1,73), yang menunjukkan tingkat pengalaman pengguna merasa simpeg memberikan kemudahan serta memberikan rasa ketertarikan dalam penggunaan simpeg. Sehingga dapat memberikan efisiensi dalam penyelesaian pekerjaan pegawai.

References

[1] P. S. Samsung, “Plagiat merupakan tindakan tidak terpuji pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pengguna smartphone samsung,” 2018.
[2] S. Putro, M. P. Kurniawan, and K. Kunci -Lapor Bantul, “Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul Implementation Methods of UEQ and Cooperative Evaluation to Evaluate User Experience Lapor Bantul,” Citec J., vol. 6, no. 1, pp. 27–37, 2019.
[3] R. Marpaung and S. Hadini, “Evaluasi Pengalaman Pengguna dengan Menggunakan User Experience Questionnaire Perpustakaan Digital,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 4, p. 1345, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i4.3270.
[4] I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, P. W. Aditama, and S. P. Tahalea, “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 5, no. 1, p. 25, 2021, doi: 10.23887/ijnse.v5i1.29289.
[5] S. F. Novitasari, Y. T. Mursityo, and A. N. Rusydi, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada E-Commerce Sociolla.Com Menggunakan Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Ueq),” J. Sist. Informasi, Teknol. Informasi, dan Edukasi Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 57–63, 2020, doi: 10.25126/justsi.v1i2.9.
[6] Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.,” 2017.
[7] M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook Version 8,” URL https//www. Res. net/publication/303880829_User_Experience_Questionnaire_Handbook_Version_2.(Accessed 02.02. 2017), no. September 2015, pp. 1–15, 2019, [Online]. Available: www.ueq-online.org.
[8] 2019 Iimaaniyah, “Metode Penelitian,” Metod. Penelit., pp. 32–41, 2019.
[9] Sugiyono, METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN. 2015.
[10] M. Rauschenberger, M. Schrepp, M. Perez-Cota, S. Olschner, and J. Thomaschewski, “Efficient Measurement of the User Experience of Interactive Products. How to use the User Experience Questionnaire (UEQ).Example: Spanish Language Version,” Int. J. Interact. Multimed. Artif. Intell., vol. 2, no. 1, p. 39, 2013, doi: 10.9781/ijimai.2013.215.
[11] A. Maharani, B. Intan, and A. T. Susilo, “Analisis User Experience Pada Website Smk Negeri Tugumulyo Berbasis User Experience Questionaire (Ueq,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 6, no. 2, pp. 169–177, 2021, doi: 10.32767/jusim.v6i2.1479.
[12] M. Nurdin and A. Muhaemin, “Mengukur User Experience Sistem Informasi Akademik,” Infotech, vol. 6, no. 1, pp. 7–10, 2020.
[13] I. Ghozali, Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. 2018.
Published
2023-09-07