Analisis Kualitas Website SIMPEBAJA dari Faktor Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual
Abstract
Pemerintah Kabupaten OKU memiliki sistem informasi manajemen dalam mengatur data pengadaan barang dan jasa yang dinamakan SIMPEBAJA. Penelitian di lembaga pemerintahan ini dilaksanakan untuk melihat tingkat kepuasan pengguna SIMPEBAJA. Hal ini dikarenakan sejak website diimplementasikan, belum dilakukan evaluasi mengenai kualitas website tersebut untuk mengetahui tingkat keberhasilannya berdasarkan persepsi pengguna dan dari hasil kuesioner pra penelitian ada pengguna menyatakan tidak setuju sampai sangat tidak setuju terhadap pertanyaan kuesioner terkait kepuasan pengguna. Metode Webqual digunakan untuk menganalisis kepuasan pengguna yang terdiri dari tiga variabel, yaitu Kegunaan X1, Informasi X2, dan Interaksi Layanan X3. Untuk pengolahan data menggunakan SPSS didapatkan berdasarkan hasil t didapatkan nilai t hitung untuk variabel kegunaan 4,620, variabel informasi 6,037, variabel interaksi layanan X3 3,691 nilai signifikan 0,000, sedangkan berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 2,70 dan nilai signifikansi juga 0,000. Maka disimpulkan setiap variabel Webqual secara parsial mempunyai pengaruh serta signifikan terhadap kepuasan pengguna.
References
[2] A. Manik, I. Salamah, dan E. Susanti, “Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya,” J. Elektro dan Telekomun. Terap., vol. 4, no. 1, hal. 477, 2017, doi: 10.25124/jett.v4i1.994.
[3] E. S. Panjaitan, L. R. Haloho, dan S. Sembiring, “Analisis Kualitas Website Layanan Pengadaan Secara Elektronik Dengan Menggunakan Model WebQual 4.0 Pada Pemerintah Kabupaten Simalungun,” J. SIFO Mikroskil, vol. 19, no. 2, hal. 25–36, 2018, doi: 10.55601/jsm.v19i2.566.
[4] E. Oktaviana dan syahril rizal R. I, “Evaluasi Kualitas Layanan Website Pemerintah Kabupaten,” Smart Comp Jurnalnya Smart Orang Pint. Komput., hal. 0–6, 2022.
[5] D. Aripin, “Evaluasi Kualitas Website Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Menggunakan Metode Webqual 4.0,” JIMP (Jurnal Inform. Merdeka Pasuruan), vol. 7, no. 1, hal. 41–45, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/view/415%0Ahttp://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/415/139
[6] A. Sudradjat, S. Selviana, dan W. Widiati, “Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia,” Inf. Syst. Educ. Prof. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, hal. 21, 2020, doi: 10.51211/isbi.v5i1.1391.
[7] L. Amelia, “Analisis Kualitas Layanan Website BPJS Kesehatan Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, hal. 180–188, 2020, doi: 10.35957/jtsi.v1i2.515.
[8] R. A. Pamungkas, “Analisis Kualitas Website Smk Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysist (Ipa),” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, hal. 12, 2019, doi: 10.33365/jtk.v13i1.220.
[9] R. Y. Endra dan D. Hermawan, “Analisis dan Uji Kualitas Pengguna Website Tokopedia.Com Menggunakan Metode Webqual (case : Pengguna Tokopedia.com di Universitas Bandar Lampung),” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 8, no. 2, 2017, doi: 10.36448/jsit.v8i2.957.
[10] L. Retnawati, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Di Universitas Xyz,” SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 13, no. 2, 2018, doi: 10.33005/scan.v13i2.1153.
[11] D. Novita dan F. Helena, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, hal. 22–37, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i1.846.
[1] R. L. Andharsaputri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengadaan Barang Dan Jasa Berbasis Dekstop,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 15, no. 1, hal. 1, 2021, doi: 10.32815/jitika.v15i1.529.
[2] A. Manik, I. Salamah, dan E. Susanti, “Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya,” J. Elektro dan Telekomun. Terap., vol. 4, no. 1, hal. 477, 2017, doi: 10.25124/jett.v4i1.994.
[3] E. S. Panjaitan, L. R. Haloho, dan S. Sembiring, “Analisis Kualitas Website Layanan Pengadaan Secara Elektronik Dengan Menggunakan Model WebQual 4.0 Pada Pemerintah Kabupaten Simalungun,” J. SIFO Mikroskil, vol. 19, no. 2, hal. 25–36, 2018, doi: 10.55601/jsm.v19i2.566.
[4] E. Oktaviana dan syahril rizal R. I, “Evaluasi Kualitas Layanan Website Pemerintah Kabupaten,” Smart Comp Jurnalnya Smart Orang Pint. Komput., hal. 0–6, 2022.
[5] D. Aripin, “Evaluasi Kualitas Website Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Menggunakan Metode Webqual 4.0,” JIMP (Jurnal Inform. Merdeka Pasuruan), vol. 7, no. 1, hal. 41–45, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/view/415%0Ahttp://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/415/139
[6] A. Sudradjat, S. Selviana, dan W. Widiati, “Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia,” Inf. Syst. Educ. Prof. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, hal. 21, 2020, doi: 10.51211/isbi.v5i1.1391.
[7] L. Amelia, “Analisis Kualitas Layanan Website BPJS Kesehatan Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, hal. 180–188, 2020, doi: 10.35957/jtsi.v1i2.515.
[8] R. A. Pamungkas, “Analisis Kualitas Website Smk Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysist (Ipa),” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, hal. 12, 2019, doi: 10.33365/jtk.v13i1.220.
[9] R. Y. Endra dan D. Hermawan, “Analisis dan Uji Kualitas Pengguna Website Tokopedia.Com Menggunakan Metode Webqual (case : Pengguna Tokopedia.com di Universitas Bandar Lampung),” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 8, no. 2, 2017, doi: 10.36448/jsit.v8i2.957.
[10] L. Retnawati, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Di Universitas Xyz,” SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 13, no. 2, 2018, doi: 10.33005/scan.v13i2.1153.
[11] D. Novita dan F. Helena, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, hal. 22–37, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i1.846.