Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Absen di Institusi XYZ Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

  • Leo Putra Pratama Universitas Multi Data Palembang
  • Dicky Pratama Universitas Multi Data Palembang
  • Rizani Teguh Universitas Multi Data Palembang
Keywords: E Absensi, End User Computing Satisfaction (EUCS), SPSS ( Statistical Product and Service Solution )

Abstract

Di zaman era digital sekarang peran teknologi meningkat semakin pesat dan
sangat penting dalam mendukung aktivitas sehari- hari. Di Dalam setiap aktivitas
baik pekerjaan maupun kegiatan lainnya selalu mengandalkan teknologi. Seiring
berjalannya waktu teknologi terus berkembang pesat sampai dengan saat
ini.Kepolisian Daerah Sumatra Selatan atau Polda Sumsel adalah institusi yang dalam
melakukan kegiatan sehari harinya menggunakan sebuah sistem aplikasi absensi yang
bernama E Absensi untuk mempermudah pengawasan dari Divisi Profesi dan
Pengamanan (PROPAM) terhadap setiap personil anggota dan bagi personil tentunya
aplikasi ini berguna untuk melihat jadwal dinas, absensi kantor, dan status status yang
mencakup jadwal setiap anggota kepolisian di kantor Polda Sumatera Selatan.Pada
kesempatan ini peneliti melakukan sebuah penelitian untuk mengukur kepuasan
pengguna aplikasi Eabsensi dikarenakan berdasarkan hasil studi literatur aplikasi ini
masih ada kekurangan yang menyebabkan banyak anggota personil kepolisian yang
mengeluh berdasarkan ulasan yang ada di Google Play Store, diharapkan setelah
dilakukannya penelitian ini dapat membantu bidang TIK Kepolisian Daerah Sumatera
Selatan dalam mengembangkan aplikasi E Absensi. Metode yang digunakan untuk
menganalisis tingkat kepuasan pengguna adalah Metode End user Computing
Satisfaction (EUCS) yang terdiri dari lima variable, yaitu(Content) X1, (accuracy)
X2,(Format) X3,(Ease of Use) X4), (Timeliness) X5. Untuk pengolahan data yang
didapatkan dari kuesioner Google Form peneliti mengunakan aplikasi SPSS, hasil
analisis yang didapatkan berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai t statistik untuk
variabel Content 0,473, variabel Accuracy 0,044, variabel Format -1,126, variabel
Ease of Use 3,237, variabel Timeliness 4,556, sedangkan berdasarkan hasil uji F
diperoleh nilai F hitung sebesar 19,935 dan nilai signifikansi 0,000. Maka disimpulkan setiap variabel EUCS secara bersama – sama memiliki pengaruh dan
signifikan terhadap kepuasan pengguna.

References

A, Aswad, A., H. Dai, R., & Ahaliki, B. (2022). EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SIM-RS MENGGUNAKAN METODE EUCS DI RSUD PROF. DR. H. ALOEI SABOE KOTA GORONTALO. Journal of System and Information Technology, 2(2).

ADHA, F. L. Y. (2021). ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA DAPODIK SEKOLAH DASAR KECAMATAN TAMPAN MENGGUNAKAN MODEL TAM DAN EUCS [Thesis]. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

APRILISA, S., Samsuryadi, S., & Sukemi, S. (2021). KOMBINASI MODEL UTAUT2 DAN EUCS UNTUK EVALUASI TINGKAT PENERIMAAN DAN KEPUASAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK [Thesis]. Universitas Sriwijaya.

Arifin, Z. (2012). Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosda Karya.

Arum Septiari, S. (2020). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna ovo dengan menggunakan metode end user computing satisfaction (EUCS). Universitas Jember.

CRESWELL, J. W. (2012). RESEARCH DESIGN PENDEKATAN KUALITATIF, KUANTITATIF, DAN MIXED (3 ed.). Pustaka Pelajar.

Dalimunthe, N., & Sartika, D. (2016). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Inlis Lite Menggunakan Metode Libqual (Studi Kasus: Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru). L Sains, Teknologi Dan Industri, 13(2), 211–217.

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, 12(2), 259. https://doi.org/10.2307/248851

Firmansyah, A. (2019). Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran) (Qiara Media, Ed.; 1 ed.). CV. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Mutivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2017). Structural equation modeling konsep dan aplikasi dengan program AMOS 24. Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. 9.

Gunawan, D., Suyanto, M., & Henderi, H. (2020). Pengukuran Kepuasan Pengguna Aplikasi Secure System Of Payment (SSP) Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Respati, 15(1), 50. https://doi.org/10.35842/jtir.v15i1.331

Hanifah Farida, S. (2020). Analisis tingkat kepuasan pengguna akhir terhadap layanan “gopay” melalui pendekatan end user computing satisfaction (EUCS). STIE Yogyakarta.

Hidayatuloh dkk. (2021a). Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean. Applied Information System and Management (AISM), 2(2). https://doi.org/10.15408/aism.v2i2.20159

Hidayatuloh, S., Kusumaningtyas, R. H., & Aziati, Y. (2021b). Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean. Applied Information System and Management (AISM), 2(2). https://doi.org/10.15408/aism.v2i2.20159

Husain, T., & Budiyantara, A. (2018). Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Dan WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 4(2), 164–176. https://doi.org/10.35957/jatisi.v4i2.99

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Deepublish.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Deepublish.

Nani Suriani Munthe. (2019). Tingkat Kepuasan Pengguna Opac Dengan Metode End User Computing Statispaction (Eucs) Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh [Thesis]. UIN Ar-Raniry.

Niqotaini, Z. (2021). Analisis Penerimaan Google Classroom Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus: Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia). SISTEMASI, 10(3), 637. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i3.1376

Novita, D., & Helena, F. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 22–37. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i1.846

Novita, D., & Ningsih, D. S. (2020). Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep Di Poltekkes Kemenkes Palembang Dengan Pendekatan EUCS. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 7(1), 29–41.

Nurul Khatimah Ismatullah, Aris Puji Widodo, & Sri Achadi Nugraheni. (2022). Model EUCS (End User Computing Satisfaction) untuk Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Bidang Kesehatan : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(5), 463–467. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i5.2343

Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Naihua Duan, Jennifer P. Wisdom, & Kimberly Hoagwood. (2015). Purposeful sampling for qualitative data collection and analysis in mixed method implementation research. National Library of Medicine, 42(5), 533–544.
PD Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Pibriana, D., & Fitriyani, L. (2022). Penggunaan Metode EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning di MTs N 2 Kota Palembang. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 81–95. https://doi.org/10.35957/jtsi.v3i1.2182

Purwandani, I. (2019). Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS dan Model Delone and McLean. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 4(2), 99–106. https://doi.org/10.31294/ijse.v4i2.5989

Putra, R. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip.id menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(4).

Rahayu, E. F. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi UG In Your Hand Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). ICIT Journal, 6(2), 213–226. https://doi.org/10.33050/icit.v6i2.1118

Rusman. (2012). Model Model Pembelajaran (Vol. 2). PT Rajagrafindo Persada.

Saifudin, A. (2014). Validitas dan Reliabilitas (1 ed.). Liberty.

Santana, I. W., & Oktaviani, N. (2021). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING PADA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Universitas Bina Darma.

Saputra, A. A. (2021). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Technomedia Journal, 7(1), 68–77. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i1.1755

Setiawan, B. (2015). Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial Dan Bisnis Dengan SPSS (1 ed.). ANDI.

Setyoningrum, N. R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 17–21.

Shafira, N., & Indah, D. R. (2021). PENERAPAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) UNTUK EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA PADA APLIKASI MOBILE MYINDIHOME (Studi Kasus : PT Telkom Indonesia) [Thesis]. Sriwijaya University.

Shelly, G. B., & Rosenblatt, H. J. (2012). Systems Analysis and Design (with Systems Analysis and Design CourseMate with eBook Printed Access Card) (Shelly Cashman Series) (9 ed.). Course Technology.
Sorongan, E., Hilmansyah, H., & Hadiyanto, H. (2019). Pengaruh Variabel Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Model EUCS. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi) , 3(1), 23–28. https://doi.org/10.29207/resti.v3i1.777

Subiyakto, A. S., Rahman Ahlan, Abd. R. A., Kartiwi, M., Jaya Putra, S., & Durachman, Y. (2016). The User Satisfaction Perspectives of the Information System Projects. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 4(1), 215. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v4.i1.pp215-223

SUCI, P. G., SAKAM, D., & Tarsim, C. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Assistium Menggunakan Pendekatan Model End User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus : Assessment Center Indonesia - Telkom Indonesia) [Thesis]. Universitas Pasundan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D (Vol. 225). CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. ALFABETA.

Suryawan, M. B., & Prihandoko, P. (2018). Evaluasi Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM dan EUCS. Creative Information Technology Journal, 4(3), 233. https://doi.org/10.24076/citec.2017v4i3.113

Sutarman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Bumi Aksara.

Tulodo, B. A. R., & Solichin, A. (2019a). ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI CARE DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1).

Tulodo, B. A. R., & Solichin, A. (2019b). ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI CARE DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1).

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Isi, Strategi, dan Penelitian. Bumi Aksara.

Yazid, M., Wijoyo, S., & Rokhmawati, R. (2019). Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analysis). Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(9).
Yudistira, A., & Novita, D. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 3(2).
Published
2023-04-04