Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS)

  • Aldi Yudistira Universitas Multi Data Palembang
  • Dien Novita Program Studi Sistem Informasi, Universitas Multi Data Palembang

Abstract

Sebuah perusahaan zaman sekarang pasti membutuhkan aplikasi yang dapat membantu dalam pengolahan berbagai surat penting. Universitas XYZ adalah perguruan  tinggi yang menerapkan sebuah sistem aplikasi pengolahan arsip untuk dosen dan karyawan, adanya aplikasi Arsip Digital yang di miliki oleh Universitas XYZ akan membantu pengolahan surat dan informasi penting yang dibutuhkan oleh dosen  dan karyawan. Pada kesempatan ini peneliti melakukan sebuah penelitian untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi Arsip Digital dikarenakan untuk aplikasi ini memang belum dilakukan penelitian tentang kepuasan pengguna, diharapkan setelah dilakukannya penelitian ini  dapat membantu Universitas XYZ dalam mengembangkan aplikasi Arsip Digital. Model yang dipakai  menganalisis kepuasan pengguna adalah Model End User Computing Satisfaction (EUCS), ada lima variabel pada model ini, yaitu Isi, Keakuratan, Bentuk , Kemudahan, Ketepatan. Untuk pengolahan data yang didapatkan dari kuesioner  mengunakan aplikasi SPSS, hasil analisis  diperoleh nilai  t statistik untuk variabel Isi 3,691, variabel Keakuratan 1,890, variabel Bentuk 1,801, variabel Kemudahan 0,179, variabel Ketepatan 1,525, sedangkan berdasarkan  uji F diperoleh nilai Fhitung 13,979 dengan signifikansi 0,000. Maka disimpulkan setiap variabel EUCS secara serentak mempengaruhi dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] R. Christina, N. Aris, and A. Asmara, “Peranan Penataan Kearsipan Sebagai Sumber Inforomasi Bagi Pimpinan Dalam Pengambilan Keputusan The Role Of Achieve Management as Information Resource For Decision Making Process.”

[2] S. A. Muhidin, H. Winata, and B. Santoso, “Pengelolaan Arsip Digital.”

[3] Sugiyono, Metode penelitian Kuantitatif, Kuanlitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

[4] B. B. Akbar, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Surat Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” 2022.

[5] Meyliana, Henry Antonius E. W., and Stephen W. Santoso, “Binus Journal Publishing,” Meyliana; Henry Antonius E. W.; Stephen W. Santoso. Kepuasan Pengguna terhadap LMS Binusmaya: Perspektif Implementasi Crm pada Institusi Pendidikan untuk Karakteristik Layanan, vol. Vol. 2, pp. 993–1003, 2011.

[6] A. & H. Ibnu. 2018 Fitriansyah, “Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 STMIK Atma Luhur Pangkalpinang,” 2018. [Online]. Available: www.uvers.ac.id

[7] E. Suryawan Bayu Muhaji & Prihandoko. 2017. Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM dan EUCS, M. Bayu Suryawan, and K. Kunci -SIAKAD, “Evaluation of SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Using TAM and EUCS Approach,” 2017.

[8] “Saputra Arif & Denny Kurniadi, 2019,” Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode EUCS, vol. Vol. 7, pp. 59–66, Accessed: May 23, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index.

[9] Gunawan aldo andreas and Sunardi, “Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Gesit Nusa Tangguh,” Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis2016, vol. 16, no. 1, pp. 1–12, 2016.
Published
2022-09-14