Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Menggunakan Metode EUCS (Studi Kasus ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta)

  • Rani Haryani STT Wastukancana
  • Dayan Singasatia
  • Ismi Kaniawulan
Keywords: Sistem Informasi TPP, EUCS, Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM), User Satisfaction

Abstract

Sistem Informasi Tambahan Penghasilan Pegawai adalah sistem elektronik yang memuat mekanisme penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil. Fungsi Sistem Informasi Tambahan Penghasilan Pegawai adalah untuk mempermudah pengelolaan kinerja ASN pada instansi/perangkat daerah yaitu dalam memonitoring kehadiran, memonitoring kumulatif indisipliner, memonitoring pembayaran tunjangan kinerja, membuat dan memonitoring laporan kinerja ASN, membuat Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), dan mempermudah melakukan penilaian prestasi kerja ASN. Terdapat beberapa permasalahan dalam Sistem Informasi Tambahan Penghasilan pegawai seperti sistem mengalami delay dalam kehadiran, yang mana tidak langsung menampilkan kehadiran pada saat pegawai melakukan absensi dan menampilkan rekapitulasi tunjangan kinerja yang kurang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk menguji faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna Sistem Informasi Tambahan Penghasilan Pegawai dengan menggunakan metode penelitian End User Computing Satisfaction (EUCS) yang berfokus pada 5 konstruk diantaranya Isi (Content), Akurat (Accuracy), Bentuk (Format), Kemudahan Penggunaan (Ease of use), dan Ketepatan waktu (Timeliness) serta menggunakan analisis Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Content, Accuracy, Format, dan Timeliness terdapat pengaruh signifikan terhadap User Satisfaction. Sedangkan Variabel Ease of Use tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap User Satisfaction.

References

[1] R. Anggriani, “Pengaruh Sistem Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai ( TPP) Berbasis Kinerja terhadap Kualitas Pelayanan Pada BKD , Diklat Kota Banjarmasin,” J. UNISKA, vol. 3, no. 12, pp. 51–67, 2020, [Online]. Available: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/.
[2] Y. Erlika, F. K. Wijaya, and R. Santi, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (UIN Raden Fatah Palembang),” Jusifo (Jurnal Sist. Informasi), vol. 3, no. 1, pp. 29–40, 2017, doi: 10.19109/jusifo.v3i1.3858.
[3] A. Fitriansyah and I. Harris, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Query J. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/1552.
[4] A. Saputra and D. Kurniadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 3, p. 58, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i3.105157.
[5] A. B. Saputra, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Pemanfaatan e-Commerce Sebagai Media Pemasaran Properti di Yogyakarta dan Jawa Tengah Menggunakan Metode EUCS,” J. Penelit. Pers dan Komun. Pembang., vol. 21, no. 2, pp. 101–108, 2017, doi: 10.46426/jp2kp.v21i2.66.
[6] I. G. Ngurah, S. Wijaya, and I. W. K. Suwastika, “Analisis Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction,” pp. 558–562, 2017.
[7] A. A. G. Alf, D. Rachmatin, and F. Agustina, “Analisis Pengaruh Faktor Keputusan Konsumen Dengan Structural Equation Modelingpartial Least Square,” E u r e k a M a t i k a, pp. 59–71, 2017, doi: 10.1109/IRMMW-THz.2014.6956015.
[8] M. Syukri and H. Hinaya, “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Anggaran Belanja Modal Kabupaten & Kota Provinsi Sulawesi Selatan,” JEMMA | J. Econ. Manag. Account., vol. 2, no. 2, p. 30, 2019, doi: 10.35914/jemma.v2i2.245.
[9] S. Alfidella, D. S. Kusumo, and D. D. J. Suwawi, “Pengukuran Usability I-Caring Berbasis ISO 9241-11 Dengan Menggunakan Partial Least Square (PLS),” Proc. Eng., vol. 2, no. 1, pp. 1747–1735, 2015.
[10] G. A. P. S. Suningsih, “Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Tabanan,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.
[11] N. L. K. S. Maryani, A. A. D. Widyani, and N. P. A. S. Saraswati, “Pengaruh Kompensasi Finansial terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening pada PT. Arta Sedana Retailindo Cabang Hardys Malls Sanur,” Values, vol. 1, no. 2, pp. 53–67, 2020, [Online]. Available: http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/813.
Published
2022-09-14