Penggunaan Model UEQ untuk Menganalisis Kualitas Pengalaman Pengguna Aplikasi Xaris di Gereja Methodist Indonesia

  • Santo Dominggos Silaban Universitas Multi Data Palembang
  • Desi Pibriana Universitas Multi Data Palembang

Abstract

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lain dengan cepat dan tepat. Teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang memiliki fungsi dalam mengolah data, memproses data, memperoleh, menyusun, menyimpan, mengubah data dengan segaka macam cara untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat atau juga berkualitas. Salah satu bentuk kemajuan teknologi informasi dan internet yaitu adanya sebuah website, dimana website dapat membantu dalam mengolah informasi untuk masyarakat. Kemajuan website ini dipakai oleh gereja methodist indonesia untuk mengolah data keanggotaan gereja dimana dirancang sebuah aplikasi terintegrasi berbasis web bernama Xaris GMI, dimana Xaris GMI ini untuk mengolah data keanggotaan gereja methodist indonesia. Dari banyaknya pengguna Xaris GMI maka dilakukanlah penelitian ini untuk mengukur pengalaman pengguna terhadap Xaris GMI dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) yang terdiri dari 6 variabel. Proses pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pengguna aplikasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sample random sampling. Dengan harapan yang dicapai adalah Xaris GMI memberikan pengalaman yang baik terhadap pengguna. Kesimpulan yang didapatkan Efficiency menjadi skala dengan skor tertinggi dengan 2,05 dan terendah ada pada skala Novelty dengan skor 1,54.

References

[1] Ira Setyaningsih. (2013). Analisis kualitas. Spektrum Industri, 11(2g), 117 242 Ni. (2011). Ninoy Yudhistya Sulistiyono, 2013 Gambaran Asupan Zat Gizi Dan Aktivitas Fisik Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu 19. 19–29.

[2] Lukmanul, Hakim. “Pengertian Website”. 2014. http://www.tipsserbaserbi.blogspot.co.id/ 2016/02/pengertian-website-menurutpara-ahli.html .

[3] Wulandari, I. R., & Farida, L. D. (2018). Pengukuran User Experience Pada E- Learning Di Lingkungan Universitas Menggunakan User Experienc Questionnaire (UEQ). Jurnal Mantik Penusa, 2(2), 146–151.

[4] Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

[5] Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta, Bandung.

[6] Hidayah, N., Sulfahmi, S., Zairani, I., Yusuf, M., & Sufiati, S. (2020). Combine Assurance Dalam Konteks Pengendalian. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 8(2).

[7] Kharis, P. I., & Winarno, W. W. (2019). Evaluasi User Experience pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan User Experience Questionnare (UEQ).

[8] Schreep, M. (2019) User Experience Questionnaire Handbook.
Published
2022-09-14