RANCANG BANGUN CHATBOT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN CUSTOMER PADA APLIKASI TRAVELOKA

  • YURIKA PRISILIA YOANDA NUSA MANDIRI
  • Nurmalasari Nurmalasari Universitas Nusa Mandiri
  • Taopik Hidayat Universitas Nusa Mandiri

Abstract

Sebagai Startup besar yang memiliki banyak pengguna dan transaksi setiap harinya, maka perlu adanya peran customer service di dalamnya untuk membantu pengguna yang mengalami kendala atau kesulitan saat melakukan transaksi di aplikasi Traveloka. Peran customer service akan baik bila dapat melayani segala kendala atau kesulitan yang dihadapi pengguna secara langsung. Metode Agile merupakan pendekatan yang iterative dan evalusioner yang dilakukan dengan mengedepankan kolaborasi serta menggunakan dokumen formal yang terbatas dan tepat untuk membangun perangkat lunak yang berkualitas dalam hal biaya yang efektif serta waktu sesuai kebutuhan stakeholder yang bisa berubah-ubah. Aplikasi chatbot ini dibuat dengan menggunakan metode Agile dan framework scrum berbasis Cloud Computing yang artinya semua model machine learning dan API dibuat secara total menggunakan teknologi cloud. Dengan adanya chatbot aplikasi Traveloka dapat meningkatkan pelayanan terhadap customer secara maksimal dan juga mempermudah customer untuk mencari informasi dan solusi dalam mengatasi masalah yang dihadapi.

Kata Kunci : Chatbot, cloud, API ,Model, Agile

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] J. Wiratama, S. A. Sanjaya, and V. I. Sugara, “Rancang Bangun Fitur Chatbot Customer Service Menggunakan Dialogflow,” KOMPUTASI J. Ilm. Ilmu Komput. dan Mat., 2022.
[2] Y. I. Chandra and D. Kosdiana, “Rancang Bangun Aplikasi Chat Bot Line Menggunakan Pendekatan Agile Process Dengan Model Extreme Programming Berbasis Web (Studi Kasus Di STMIK JAKARTA STI&K),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. STI&K, vol. 3, no. 1, 2019.
[3] S. Mulyatun, H. Utama, and A. Mustopa, “Pendekatan Natural Language Processing Pada Aplikasi Chatbot sebagai Alat Bantu Customer Service,” 2021.
[4] A. R. Dwi, F. Imamah, Y. S. Mei Andre, F. Ilmu Komputer, U. Mercu Buana Jalan Menteng Raya No, and K. Sirih, “Aplikasi Chatbot (Milki Bot) Yang Terintegrasi Dengan Web Cms Untuk Customer Service Pada UKM Minsu,” 2018.
[5] S. Al-Fakhri et al., “Aplikasi Chatbot Informasi Kampus Polban Menggunakan Aplikasi LINE Messenger.”
[6] E. Yuniar and H. Purnomo, “Implementasi Chatbot ‘ALLITA’ Asisten Virtual Dari Ballitas Sebagai Pusat Informasi di Ballitas,” J. Ilm. Tek. Inform., vol. 12, 2019.
[7] T. M. F. M.T and A. M. Taufiqi, Membangun Mesin Percakapan Pintar Dengan Python Dan Telegram Bot (Studi Kasus: Informasi Prakiraan Cuaca). Deepublish, 2021.
Published
2022-09-14