Rancang Bangun Customer Relationship Management Penjualan Barang Elektronik Pada PT Primakarsa Niaga Indonesia Berbasis Website

  • Agung Wijaya Program Studi Sistem Informasi, Universitas Multi Data Palembang
  • Mulyati Mulyati Program Studi Sistem Informasi, Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Customer Relationship Management, RUP, Website

Abstract

PT Primakarsa Niaga Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang
distributor elektronik. Tujuan dibangun Customer Relationship Management pada PT
Primakarsa Niaga Indonesia ini adalah mempermudah pelanggan luar kota dalam memesan
produk. Selain itu sistem dapat menampilkan kriteria produk secara detail, dapat menampilkan
produk barang yang paling diminati, dan meningkatkan kepuasan kepada pelanggan dengan
adanya sistem cashback pada saat transaksi, sehingga pelanggan dapat melakukan pembelian
kembali menggunakan cashback tersebut. Sehingga dengan tercapainya tujuan tersebut dapat
meningkatkan penjualan barang elektronik pada PT Primakarsa Niaga Indonesia. Metode yang
digunakan dalam pembangunan sistem informasi ini adalah RUP (Rational Unified Process)
dimana metode ini mengarah kepada pengembangan berorientasi objek. RUP (Rational Unified
Process) adalah pendekatan pengembangan perangkat lunak yang dilakukan berulang-ulang,
fokus pada arsitektur, lebih diarahkan berdasarkan penggunaan kasus (use case driven). Hasil
dari penelitian ini adalah sebuah website yang dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan
dengan menggunakan sistem yang terintegrasi serta mempermudah proses penjualan barang
elektronik.

Published
2021-09-13