Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS

  • Hendrik Setiawan Program Studi Sistem Informasi, Universitas Multi Data Palembang
  • Dien Novita Program Studi Sistem Informasi, Universitas Multi Data Palembang
Keywords: kepuasan, pengguna, KAI Access, EUCS, SPSS

Abstract

KAI Access merupakan aplikasi yang resmi dari PT KAI, dan dirilis untuk memenuhi
kebutuhan penumpang baik kereta api jarak jauh, menengah, maupun lokal/komuter. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari content, accurancy,
format, ease of use dan timeliness terhadap kepuasan pengguna aplikasi KAI Access dan untuk
mengetahuinya apakah terdapat pengaruh tingkat kepuasan pengguna aplikasi KAI Access
sebagai media pemesanan tiket kereta api. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
End User Computing Satisfaction (EUCS) yang terdiri dari lima faktor, yaitu: isi (content),
ketepatan (accuracy), bentuk (format), kemudahan penggunaan (ease of use), dan ketepatan
waktu (timeliness). Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran
kuesioner kepada masyarakat yang menggunakan aplikasi KAI Access di Palembang. Teknik
pengambilan sampel menggunakan random sampling. Metode pengolahan data yang dilakukan
dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis yang diolah
dengan menggunakan software SPSS. Hasil Pengujian hipotesis terdapat 3 variabel yang
berpengaruh yaitu accuracy, format, timeliness dan terdapat 2 variabel yang tidak berpengaruh
yaitu content dan ease of use. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh R 2 sebesar 0,679
menunjukan bahwa variabel satisfaction dapat dijelaskan oleh variabel content, accuracy,
format, ease of use dan timeliness sebesar 67,9%.

Published
2021-09-13