Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Aplikasi J&T Express Sebagai Penyedia Jasa dengan Menggunakan Metode Partial Least Square

  • Fernando Alfian Program Studi Sistem Informasi, Universitas Multi Data Palembang
  • Dicky Pratama Program Studi Sistem Informasi, Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Smart PLS, R-square, analisis kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh dari harga, informasi, kualitas,
keamanan dan keputusan dapat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yang nantinya akan
meningkatkan loyalitas. sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data yang
telah disebarkan kepada pengguna J&T Express, data yang nantinya akan digunakan sebagai
sumber data uji hipotesis menggunakan Smart PLS V3.3.3. Sesuai dengan rumusan
permasalahan yang telah diuraikan menunjukkan bahwa semua hipotesis yang telah diajukan
menunjukkan bahwa benar dan diterima, namun beberapa hipotesis tidak menunjukkan hasil
yang signifikan, berdasarkan hasil R-square dapat dilihat bahwa kepuasan konsumen dapat
dijelaskan berdasarkan variabel harga, informasi, keamanan, keputusan dan kualitas mampu
menjelaskan kepuasan konsumen sebesar 51,1% dan kepuasan konsumen mampu memberikan
pengaruh sebesar 29,5% terhadap loyalitas , sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor
lain. Hal baru yang ditemui dari peneltian ini yaitu metode Partial Least Square mampu
memberikan banyak informasi mengenai model pengukuran, model struktural serta tingkat
hubungan antar variabel laten dengan indikator nya, sehingga perhitungan menjadi lebih efektif
dan efisien.

Published
2021-09-13