Perancangan Desain Aplikasi Mobile Untuk Pendukung Kinerja Imunisasi Posyandu

  • Muhammad Yusuf Luthfi Ijlal Universitas Muria Kudus

Abstract

Peningkatan kesehatan anak usia balita di Indonesia dilakukan melalui layanan imunisasi. Namun, akses dan efektivitas layanan ini masih terbatas terutama di daerah pedesaan. Oleh karena itu, diperlukan upaya optimalisasi, salah satunya melalui pendisiplinan imunisasi dan perbaikan sistem administrasi. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi mobile sebagai solusi pemberitahuan jadwal imunisasi. Survei dilakukan pada kalangan wanita dalam rentang usia bawah 40 tahun yang memiliki anak balita dan bekerja penuh waktu. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberitahuan jadwal imunisasi menjadi masalah utama. Oleh karena itu, aplikasi ini dirancang untuk memberikan notifikasi secara otomatis guna meningkatkan efektifitas imunisasi. Prototipe aplikasi dibuat untuk menguji kegunaan dan keberhasilan aplikasi melalui metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS). Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan efektivitas notifikasi dan kemudahan akses layanan imunisasi, dengan rating kepuasan masuk kedalam kategori good.

References

[1] L. I. Sari And Others, Buku Ajar Imunisasi Bayi. Media Sains Indonesia, 2020.

[2] T. S. Tata Sutabri, Y. N. P. Yudhazaldi Nuki Putrasadi, And Y. B. W. Yohanes Bowo Widodo, “Perancangan Aplikasi Posyandu Digital Berbasis Android,” J. Teknol. Inform. Dan Komput., Vol. 6, No. 2, Pp. 84–92, 2020.

[3] L. Triana, R. Andryani, And K. Kurniawan, “Aplikasi Monitoring Data Imunisasi Berkala Untuk Meningkatkan Pelayanan Posyandu Menggunakan Metode Rad Berbasis Android,” J. Sisfokom (Sistem Inf. Dan Komputer), Vol. 10, No. 1, Pp. 106–112, 2021.

[4] A. Anita, A. Apriyanto, And R. Suppa, “Aplikasi E-Posyandu Di Kecamatan Mungkajang Berbasis Android,” Jutinda (Jurnal Tek. Inform. Unanda), Vol. 1, No. 1, Pp. 18–27, 2022.

[5] C. M. Barnum, Usability Testing Essentials: Ready, Set... Test! Morgan Kaufmann, 2020.

[6] S. Riihiaho, “Usability Testing,” Wiley Handb. Hum. Comput. Interact., Vol. 1, Pp. 255–275, 2018.
Published
2024-06-10