Penerapan Metode Simple Aditive Weighting Untuk Rekomendasi Pemberian Beasiswa Bagi Mahasiswa UIKA

  • Muhammad Iqbal Alhamdani Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Universitas Ibn Khaldun Bogor, memiliki ataupun menerima sponsor beasiswa yang digunakan untuk membantu mahasiswanya dalam pembiayaan operasional Pendidikan. Universitas Ibn Khaldun perlu dibantu dengan Sistem untuk proses pengelolaan data beasiswa, supaya mudah untuk mengambil keputusan dan mudah untuk membuat laporan data penerima beasiswa. Solusi yang akan diberikan adalah membangun sistem pendukung keputusan untuk rekomendasi pemberian beasiswa bagi mahasiswa dengan menerapkan metode Simple Additive Weighting berbasis web di Universitas Ibn Khaldun Bogor. Model pengembangan sistem menggunakan Rapid Application Development (RAD). Didapatkan mahasiswa dengan nama Cahya Annisa Fitri merupakan alternatif dengan ranking pertama karena memiliki nilai terbesar yaitu 1,000 dari 8 sampel mahasiswa Fakultas Teknik dan Sains. Berdasarkan hasil pengujian Region, Cyclomatic Complexity dan independent path. Hasil pengujian sistem dengan menggunakan White-Box telah benar dan tidak memiliki kesalahan baik dari segi logika maupun fungsi.

References

[1] S. Giovano, “Sistem penunjang keputusan untuk Menentukan penerima beasiswa peningkatan prestasi akademik di universitas tarumanagara,” pp. 161–164, 2013, [Online]. Available: https://www.bi.go.id/spkui.
[2] A. Faiz, “Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Penerimaan Beasiswa Dengan Metode Saw Dan Topsis : Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Tangerang,” JIKA (Jurnal Inform., vol. 4, no. 1, p. 49, 2020, doi: 10.31000/jika.v4i1.2424.
[3] L. Mazia, L. A. Utami, M. B. Himawan, A. D Lestari, “Sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan Menggunakan metode simple additve weighting (saw) pada pt. Ponny ekspress suksestama jakarta,” IJIS-Indonesia J. Inf. Syst., vol. 4, no. April, pp. 69–76, 2019.
[4] A. Wanto et al., Sistem Pendukung Keputusan: Metode \& Implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.
[5] R. Habibi, Roni and Aprilian, Tutorial dan penjelasan aplikasi e-office berbasis web menggunakan metode RAD, vol. 1. kreatif, 2020.
[6] P. Agustina Heryati, A. Taqwa Martadinata, Rezki SyahputraMetode, S. Additive, and W. Saw, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Dosen,” Penerapan Metod. SAW pada spk penentuan penerimaan dosen baru, vol. 6, no. 1, pp. 80–90, 2021.
Published
2024-06-10