Perancangan dan Implementasi Sistem Pemberi Pakan Ikan Otomatis berbasis IoT

  • Rafly Fernanda Universitas Kristen Satya Wacana
  • Theophilus Wellem Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Ikan merupakan salah satu komoditas ternak yang banyak diminati masyarakat. Kebutuhan pasar yang tinggi terhadap ikan mendorong masyarakat untuk membudidayakan ikan. Dalam pembudidayaan ikan, waktu pemberian pakan merupakan hal yang penting karena ikan membutuhkan pakan dengan jadwal yang teratur dan jumlah yang cukup. Pakan merupakan salah satu komponen penting dalam budidaya ikan. Untuk membantu pembudidaya ikan, pada penelitian ini dirancang suatu sistem yang dapat bekerja secara otomatis untuk memberi pakan kepada ikan pada jadwal dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Perangkat keras pada sistem ini diimplementasikan menggunakan Arduino Nano sebagai alat pengendali utama, motor servo sebagai penggerak pembuka pintu atau celah pembatas tempat pakan ikan, dan modul WiFi ESP8266 untuk menghubungkan perangkat keras ke Internet. Selain itu, dikembangkan juga aplikasi berbasis Android untuk mengatur jadwal pemberian pakan dan banyaknya pakan yang akan diberikan. Pengujian dilakukan secara real pada kolam ikan dengan tiga kali penjadwalan yang menghasilkan keluaran pakan rata-rata 24.04 gram per detik. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa perangkat keras yang dirancang dapat bekerja dengan baik untuk memberi pakan otomatis sesuai waktu dan takaran yang telah ditentukan.

References

[1] Y. Adekayasa, S. Waspodo, and M. Marzuki, “Pengaruh Frekuensi Pemberian Pakan Terhadap Pertumbuhan dan Tingkat Kelangsungan Hidup Benih Ikan Bawal Bintang Trachinotus blochii,” J. Perikan., vol. 7, no. 2, pp. 44–51, Oct. 2015.
[2] Harifuzzumar, F. Arkan, and G. B. Putra, “Perancangan dan Impelementasi Alat Pemberian Pakan Ikan Lele Otomatis pada Fase Pendederan Berbasis Arduino dan Aplikasi Blynk,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat, Oct. 2018, vol. 2, pp. 67–71.
[3] H. Himawan and M. Yanu F, “Pengembangan Alat Pemberi Makan Ikan Otomatis Menggunakan Arduino Terintegrasi Berbasis Iot,” Telematika, vol. 15, no. 2, p. 87, 2018.
[4] S. Deki and Y. Ferida, “Perancangan Alat Pakan Ikan Otomatis,” Universitas Teknologi Yogyakarta, 2019.
[5] K. Sari, C. Suhery, and Y. Arman, “Implementasi Sistem Pakan Ikan Menggunakan Buzzer dan Aplikasi Antarmuka Berbasis Mikrokontroler,” J. Coding Sist. Komput., vol. 3, no. 2, pp. 111–122, Jul. 2015.
[6] “Kodular Platform.” https://www.kodular.io/.
[7] “Firebase Relatime Database.” https://firebase.google.com/docs/database.
[8] “Arduino IDE.” https://www.arduino.cc/en/software.
[9] A. Kadir, “Panduan Praktis Memplajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemogramannya Menggunakan Arduino,” Andi Komputindo, vol. 8, no. 1, pp. 1–282, 2013.
[10] M. F. Wicaksono, “Implementasi Modul Wifi NodeMCU ESP8266 untuk Smart Home,” J. Tek. Komput. - Komputika, vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2017.
[11] W. A. Prasetyo, “Pengelolaan Sistem Parkir dengan RFID Berbasis Arduino Uno,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
[12] R. Am, Kemalasari, B. Sumantri, and A. Wijayanto, “Pengaturan Posisi Motor Servo DC dengan Metode Fuzzy Logic,” 2011, [Online]. Available: http://www.eepis-its.edu.
Published
2022-06-14