Pelatihan Pemanfaatan Google Workspace untuk Kegiatan Belajar SMP Methodist II Palembang

  • Mardiani Mardiani Universitas MDP
  • Yulistia Yulistia Universitas Multi Data Palembang
  • Dien Novita Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Google Forms; SMP Methodist II, sharing file

Abstract

Setelah melewati Pandemi COVID-19, dimana cara penyampaian informasi di sekolah berubah menjadi lebih inovatif menggunakan media secara daring. Kesulitan yang dihadapi oleh SMP Methodist II adalah ketika akan berbagi file serta ujian daring dan memastikan agar siswa/i dapat segera menjawab tanpa beban kuota yang berat. Hal ini sangat tidak memungkinkan, jika semua dilakukan tanpa penggunaan teknologi informasi. Salah satu media yang dapat digunakan untuk membuat ujian sekolah serta berbagi file menjadi lebih mudah adalah Google Form. Untuk itu, dalam pelatihan kali ini akan diangkat tema tentang penggunaan google workspace dan beberapa fiturnya dengan. Pelatihan ini bertujuan agar Sekolah, terutama siswa dapat lebih paham mengenai penggunaan aplikasi Google workspace. Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara tim atau berkelompok yang akan dilaporkan sebagai kegiatan pengabdian kepada Masyarakat. Diharapkan hasil dari pelatihan dapat membantu siswa, khususnya siswa SMP Methodist II untuk lebih lancar menggunakan media daring dalam berbagi file.

References

[1] S. Pardede dkk., “Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui Bimbingan Belajar Gratis bagi Siswa SMP Negeri 2 Tapian Nauli,” J. Pengabdi. Masy. Bestari, vol. 1, no. 5, hal. 215–224, 2022, doi: 10.55927/jpmb.v1i5.892.
[2] Y. Yulius dan D. Sartika, “Pelatihan Membuat Video Ajar Malalui Aplikasi Capcut Dan Az Screen Sebagai Media Pembelajaran Di SMP 30 Palembang,” Lumbung Inov. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 2, hal. 97–105, 2022, doi: 10.36312/linov.v7i2.649.
[3] I. S. Purba, A. Fiyanto, H. A. Suprapto, dan D. M. Vernia, “Penguatan Literasi Keuangan Untuk Siswa Smp Nurul Hikmah Bekasi,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, hal. 1245–1248, 2022, doi: 10.31004/cdj.v3i2.5875.
[4] Valian Yoga Pudya Ardhana dan M. Dermawan. Mulyodiputro, “Pelatihan Pengenalan Internet Dan Microsoft Office Bagi Siswa SMP Al Mutmainnah,” Bakti Sekawan J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, hal. 71–74, 2022, doi: 10.35746/bakwan.v2i1.247.
[5] A. U. Zailani, A. Perdananto, Nurjaya, dan Sholihin., “Pengenalan Sejak Dini Siswa Smp Tentang Machine Learning Untuk Klasifikasi Gambar Dalam Menghadapi Revolusi 4.0,” KOMMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 244, no. 1, hal. 7–15, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/4599.
[6] D. Iskandar, Z. Zuwerni, dan S. Sofyan, “PENGEMBANGAN E-MODUL PELATIHAN APLIKASI GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION UNTUK PENGUATAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU MTs,” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, hal. 1005–1018, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i2.1268.
[7] C. Handayani, D. Wulandari, S. Amanda, Z. Fadila, dan M. Fathoni, “Pelatihan Penggunaan Google Classroom Dan Google Meet Sebagai Media Digital Untuk Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid- 19 Bagi Guru- Guru Di SDIT ALIF,” TRIDARMA Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, hal. 102–111, 2021, doi: 10.35335/abdimas.v4i2.1422.
[8] M. Wati dkk., “Penerapan Tool Google Workspace untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar di SMAN 9 Samarinda,” Inov. Teknol. Masy., vol. 1, no. 1, hal. 29–35, 2023, doi: 10.53622/intekmas.v1i1.204.
[9] I. M. Mustofa, D. Andriani, A. S. Rofiqah, dan Effendi, “Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom dan Goggle Meet Dalam Pembelajaran Era Pandemi Covid-19,” JPMTT (Jurnal Pengabdi. Masy. Teknol. Terbarukan), vol. 2, no. 1, hal. 31–37, 2022.
[10] V. A. ANGGRAINI, “Google Workspace Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa,” Second. J. Inov. Pendidik. Menengah, vol. 2, no. 3, hal. 364–369, 2022, doi: 10.51878/secondary.v2i3.1411.
Published
2024-04-30