Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi pada Mahasiswa Universitas Tridinanti

  • Nuri Annisa Fitri Universitas Tridinanti
  • Hisbullah Basri Universitas Tridinanti
  • Dewi Gustina Universitas Tridinanti
  • Adinda Morisca Praja Universitas Tridinanti
Keywords: Aplikasi Mendeley, Mahasiswa Universitas Tridinanti, Skripsi, Tugas Akhir

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan dan efisiensi mahasiswa dalam mengelola referensi dan literatur untuk penulisan tugas akhir dan skripsi. Melalui pelatihan ini, mahasiswa akan belajar cara menggunakan Mendeley, sebuah aplikasi untuk mengumpulkan, mengatur, dan mengutip sumber secara efektif. Selain itu, membantu mahasiswa memahami pentingnya penulisan yang akurat dan sesuai dengan standar akademik. Mengenalkan mereka pada praktik yang baik dalam penulisan daftar pustaka dan pengutipan. Pelatihan ini akan membantu mencegah plagiarisme dan membangun keterampilan literasi informasi yang kuat. Pelatihan ini dilakukan secara tatap muka dan diikuti oleh mahasiswa yang akan menyusun tugas akhir. Para peserta mahasiswa sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Harapan setelah pelatihan ini adalah dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah mahasiswa dengan langsung mempraktekannya. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu menghasilkan tugas akhir dan skripsi yang lebih bermutu.

References

[1] Perdana, F. J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–93. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i1.6652
[2] Wardani, N. W., & Ginantra, N. L. W. S. R. (2020). Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Referensi dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMK Dwijendra Denpasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 13–20. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i1.279
[3] Iskandar, & Patak, A. A. (2019). The significance of Mendeley usage on the accuracy of citation and references. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(4), 108–114. https://doi.org/10.33750/ijhi.v2i4.51
[4] Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Sitasi Karya Ilmiah Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 24–30.
[5] Dacholfany, M. I., Sudyana, I. N., Roza, N., Bakri, A. A., Litamahuputty, J. V., & Haddar, G. Al. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Community Development Journal, 4(2), 3784–3790.
[6] Ma’ruf, I. M., Astuty, S., Samsir, A., Basra, A., & Albi, M. F. (2019). Pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pembangunan Indonesia ( STIE-PI ) Makassar dalam penulisan karya ilmiah. LP2MUNM, (6), 414–417.
[7] Putra, A., Gamasari, R., & Novebri, N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Informatika STT Payakumbuh. Journal of Community Dedication and Development, 1(2), 187–198. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/669/527
[8] Katchanov, Y. L., Markova, Y. V., & Shmatko, N. A. (2019). Comparing the topological rank of journals in Web of Science and Mendeley. Heliyon, 5(7), e02089. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02089
[9] Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa Style Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3), 137–143. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.37
[10] Arransyah, M. F., Bharata, W., Aulia, P. N., Maulidia, A., & R, D. I. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i2.2534
Published
2023-11-29