Pelatihan Dasar Pemrograman Bahasa C Pada SMK Negeri 4 Palembang

  • Triana Elizabeth Universitas Multi Data Palembang
  • Tinaliah Tinaliah
  • Derry Alamsyah
  • Dicky Pratama
Keywords: Dasar Pemrograman, Bahasa C, SMK Negeri 4 Palembang

Abstract

Pada tanggal 26 April 2018 Tim Dosen Universitas Multi Data Palembang berbagi pengetahuan melalui pengadaan pelatihan singkat untuk memperkenalkan dasar-dasar bahasa pemrograman C kepada para siswa SMK Negeri 4 Palembang sehingga dapat menambah pengetahuan para siswa berkaitan dengan bahasa pemrograman C di luar mata pelajaran dasar pemrograman yang telah mereka terima di kelas. Peserta pada kegiatan pelatihan ini adalah 31 siswa kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 4 Palembang. Manfaat kegiatan pelatihan ini bagi peserta adalah para peserta dapat membuat project C baru menggunakan aplikasi dev C,  menampilkan teks pada layar console, para peserta dapat mendeklarasikan variabel dan memberikan tipe data yang cocok untuk variabel tersebut serta  dapat membuat program input output teks, bilangan bulat dan bilangan berkoma dan membuat program dengan operasi aritmatika.

 

Author Biographies

Tinaliah Tinaliah

 

 
Derry Alamsyah

 

 
Dicky Pratama

 

 

References

[1] T. Elizabeth, D. Pratama, D. Alamsyah, Y. Yoannita, I. Inayatullah, and T. Tinaliah, “Pelatihan aplikasi screen recorder dan video conference guna meningkatkan proses belajar mengajar,” ABSYARA J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 49–55, 2021, doi: 10.29408/ab.v2i1.3495.

[2] D. Pratama, D. Alamsyah, Gasim, T. Elizabeth, Yoannita, and Tinaliah, “Pelatihan Desain Grafis Untuk Para Siswi MA Muqimus Sunnah Palembang,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Fordicate (Informatics Eng. Dedication), vol. 1, no. 1, pp. 8–15, 2021.

[3] T. Elizabeth, D. Alamsyah, and Y. Yoannita, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi WhatsApp Business Sebagai Media Pemasaran Online pada Toko CCTV Grosir Cabang Palembang,” FORDICATE, vol. 1, no. 2, 2022, doi: 10.35957/fordicate.v1i2.2409.

[4] N. W. Triana Elizabeth, Tinaliah, “PELATIHAN APLIKASI SLIMS PADA SMA NEGERI 18,” vol. 2, no. 1, pp. 47–54, 2022.

[5] T. Elizabeth, A. Rahman, and T. Tinaliah, “Pelatihan Pembuatan Access Point Menggunakan MIKROTIK pada SMK Bina Cipta Palembang,” FORDICATE, vol. 2, no. 2, 2023, doi: 10.35957/fordicate.v2i2.4827.

[6] J. Szuhay, Learn C Programming: A Beginner’s Guide to Learning C Programming the Easy and Disciplined Way. 2020.

[7] D. M. Ritchie, S. C. Johnson, M. E. Lesk, and B. W. Kernighan, “C PROGRAMMING LANGUAGE.,” West. Electr. Eng., vol. 25, no. 1, 1981, doi: 10.2307/2311438.

[8] S. Peta, “C Programming Language–Still Ruling the World,” Glob. J. Comput. Sci. Technol., pp. 1–5, Jul. 2022, doi: 10.34257/gjcsthvol22is1pg1.

[9] X. Fu, A. Shimada, H. Ogata, Y. Taniguchi, and D. Suehiro, “Real-time learning analytics for C programming language courses,” 2017, doi: 10.1145/3027385.3027407.

[10] A. Pratama, H. Mulyono, M. Devegi, L. D. Notavia, and A. Fitri, “Peningkatan Kompetensi Bidang Pemrograman Dasar pada Siswa Jurusan TKJ SMK Taman Siswa Padang,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 3, no. 1, 2023, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.349.
Published
2023-11-29