Pembuatan Website Menggunakan Visual Studio Code di SMA Xaverius 3 Palembang
Abstract
Pemrograman web adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan kreatif siswa, terutama dalam hal desain website dan tampilan visual. Pengajaran ini bertujuan untuk menarik minat siswa/i SMA Xaverius 3 mengenai pembelajaran web serta memberikan manfaat bagi siswa/i agar dapat membantu meningkatkan kreativitas dalam mengelola halaman website. Pada praktiknya, pengajaran pemrograman web yang kami lakukan di SMA Xaverius 3 melibatkan 28 siswa/i dengan memanfaatkan aplikasi Visual Studio Code dan notepad sebagai media pembelajaran dengan topik HTML dan website. Metode pengajaran yang digunakan pada dalam kegiatan ini meliputi: (1) Tahapan Persiapan, (2) Tahapan Pelaksanaan dan (3) Tahapan Evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa/i bisa memanfaatkan tags-tags html yang diajarkan untuk membuat tampilan website sederhana yang menarik. Selain itu, persentase siswa-siswi yang menikmati pembelajaran dari hasil respons kuesioner terhadap 28 siswa-siswi SMA Xaverius 3 Palembang tersebut mencapai 89.29%.
References
[2] F. P. Juniawan, M. S. Mayasari, H. A. Pradana, L. Tommy, and D. Y. Sylfania, “Pelatihan Digital Marketing Guna Meningkatkan Kompetensi Masyarakat Desa Kace Timur, Bangka,” J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 17–25, 2023.
[3] jagoanhosting, “HTML: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja,” HTML: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja, 2021. https://www.jagoanhosting.com/blog/html-adalah/ (accessed May 28, 2023).
[4] K. D. Rondius Solfaine, Indra Rahmawati, “PENGGUNAAN BIOPROTEKTAN RUMINANSIA UNTUK PENINGKAT PERFORMAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN PADA SAPI MADURA DI KECAMATAN BURNEH, BANGKALAN, JAWA TIMUR Rondius,” Pengguna. BIOPROTEKTAN RUMINANSIA UNTUK PENINGKAT PERFORMAN DAN Manaj. Kesehat. PADA SAPI MADURA DI Kec. Burn. BANGKALAN, JAWA TIMUR Rondius, vol. 7, no. 2, pp. 153–160, 2023.
[5] Garris Pelangi, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA,” J. Sasindo Unpam, vol. 8, no. 2, pp. 1–18, 2020, [Online]. Available: http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354.
[6] Agustini and W. J. Kurniawan, “Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas,” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 1, no. 3, pp. 154–159,2019,[Online].Available: http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/526.
[7] D. S. Sitorus and T. N. B. Santoso, “Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 12, no. 2, pp. 81–88, 2022, doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88.
[8] K. Piyungan et al., “Edukasi Masyarakat Melalui 5M di Dusun Nglengis ,” vol. 7, no. 1, pp. 1–5, 2023, doi: 10.30595/jppm.v7i1.9769.
[9] N. A. Ramdhan and D. A. Nufriana, “Rancang Bangun Dan Implementasi Sistem Informasi Skripsi Oline Berbasis WEB,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 1, no. 02, pp. 1–12, 2019, doi: 10.46772/intech.v1i02.75.
[10] S. Aslamiyah, A. Agustina, and A. F. Sandy, “PELATIHAN PENGGUNAAN TRELLO SEBAGAI TOOLS,” vol. 06, no. 01, pp. 63–70, 2023.