ANALISIS KELAYAKAN USAHA KOLAM IKAN

(STUDI KASUS PETANI KOLAM IKAN MEJING KIDUL GAMPING SLEMAN)

  • Agus Tri BASUKI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Nano Prawoto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: Kelayakan Bisnis, Petani Ikan, Rugi Laba

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor. Salah satunya adalah sektor perikanan. Para petani ikan bawal dan nila merah di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai kesulitan menjual hasil panen mereka. Penurunan ini terjadi karena sektor pariwisata dan perhotelan banyak yang tutup akibat Covid-19. Sementara warung-warung kuliner juga menurun drastis karena para mahasiswa dan pelajar diliburkan sehingga sebagian besar dari mereka kembali ke daerah asalnya. Dengan kondisi seperti saat ini, serapan pasar hanya sekitar 5-6 ton per hari. Situasi ini tentu membuat para petani ikan bawal dan nila merah khawatir jika pandemi Covid-19 berlangsung lama. Kasus ini juga dialami oleh beberapa petani yang ada di Mejing Kidul, turunnya permintaan membuat harga ikan menjadi murah dan beberapa petani ikan mengalami kerugian.

References

[1]. Alfian, M. G. T., & Soemardjan, S. (1980). Kemiskinan Struktural, Suatu Bunga Rampai. Malang: HIPIS.
[2]. Aji Gumilar, G. (2011). Analisis Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dampaknya Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
[3]. Biro Pusat Statistik, Gamping Dalam angka 2019
[4]. Imran, C. (2008). Masjid sebagai sentral pemberdayaan ekonomi umat: studi di Masjid Ittihadul Muhajirin Perumahan Reni Jaya Pamulang Tangerang.
[5]. Panduan Hibah Internal Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2021/2022 (Edisi Revisi) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
[6]. Pasaribu, A. M. (2012). Perencanaan & Evaluasi Proyek Agribisnis (Konsep & Aplikasi).
[7]. Pranarka, A. M. W., & Moeljarto, V. (1994). Pemberdayaan, Konsep Kebijakan dan Implementasinya. Jakarta: Center For Strategic and International Studies.
[8]. Soeharto, E. (2005). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial, Bandung: Refika Aditama.
[9]. Suhendra, B. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Inovasi Pengemasan Makanan Yang Menarik Di Kecamatan Payarama. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 169-174.
[10]. Todaro, M. P. (2009). Economic development.
Published
2023-04-20