Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru SMA Dharma Bhakti

  • Yulistia Yulistia Universitas Multi Data Palembang
  • Dorie Pandora Kesuma Universitas Multi Data Palembang
  • Lisa Amelia Fransen Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Aplikasi Moodle, strategi pembelajaran, daring (online)

Abstract

Sistem pembelajaran secara daring (online) memaksa para pendidik untuk memikirkan strategi pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Dengan pemanfaatan aplikasi pembelajaran seperti Moodle diharapkan dapat membantu kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif. SMA Dharma Bhakti merupakan salah satu sekolah yang ada di kota Palembang yang telah menerapkan pembelajaran secara daring (online). Dengan meberian pelatihan pemanfaatan aplikasi Moodle dapat menjadi alternatif pilihan lain bagi para guru untuk membantu kegiatan belajar mengajar. Dari pelatihan yang diberikan kepada para guru, mereka dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan sangat antusias untuk dapat mencoba menerapkannya di sekolah.

References

[1] Kemp, Jerrold E. 1995. Instruction Desigen: A Plan for Unit and Course Development, Feron, Belmon.
[2] Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yuma Pustaka, Surakarta.
[3] Prestiadi, d. 2020. Effectiveness of E-Learning Implementation As A Distance Learning Strategy During Coronavirus Disease (covid-19) Pandemic. Proceeding “International Webinar On Education 2020", 0(0), 47–53. Http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/pro/article/view/5950
[4] Widiatmoko Herbimo. 2020. Penerapan Aplikasi Moodle Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol. 5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Published
2022-04-22