Pembuatan Aplikasi Absensi Karyawan Menggunakan Barcode Berbasis Website

  • Noveri Lysbetti Marpaung Prodi Teknik Informatika Universitas Riau
  • Sakti Hutabarat Prodi Pertanian Universitas Riau
  • Mambaul Izzi Prodi Teknik Informatika Universitas Riau
Keywords: Software Aplikasi, Absensi Karyawan, Sistem Barcode Scanner, Website, Pengujian Sistem

Abstract

Teknologi Informasi saat ini sangat bermanfaat bagi individu atau perusahaan dalam mengoperasikan Teknologi Informasi tanpa selalu mengulang dalam mengisi data. Contoh pengoperasian Teknologi Informasi adalah Absensi pada suatu instansi. Absensi dapat digunakan sebagai bukti kehadiran dari setiap karyawan. Dengan pengelolaan Absensi yang baik, sebuah organisasi dapat menjaga performa pegawainya dan meningkatkan kedisiplinan. Saat Ini, Absensi Karyawan yang masih ditangani secara manual, meskipun Personal Computer(PC) telah tersedia sebagai fasilitas pendukung aktivitas kerja. Kondisi ini memungkinkan terjadinya ketidakdisiplinan karyawan. Tujuan kegiatan adalah membuat Aplikasi Absensi Karyawan dengan Sistem Barcode di Warung Segar PT Agritech Retail Indonesia untuk mempermudah dan mempercepat proses pemantauan kinerja karyawan perusahaan oleh Pimpinan perusahaan melalui sistem online. Aplikasi Absensi yang dibuat, dibagi menjadi dua bagian yaitu Absen Pagi merupakan bukti kehadiran setiap karyawan dan Absen Pulang merupakan bukti untuk memberitahu bahwa setiap karyawan pulang tepat waktu atau tidak. Aplikasi ini hanya dikelola oleh seorang Administrator, yang dapat mengubah/menghapus data di sistem. Metode Pengabdian yang digunakan berupa rangkaian kegiatan seperti Survey, Wawancara, dan Metode Perancangan. Kegiatan ini menghasilkan Tampilan Interface dari Absensi Karyawan, Rekapitulasi Absensi Karyawan, Data Karyawan. Pengujian Sistem menunjukkan bahwa semua pengujian yang dilakukan terhadap semua bagian sistem yang dibuat adalah berhasil. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan absensi menggantikan Absensi Manual dan sebagai pencatatan data absensi secara komputerisasi berbasis website dalam sehari, seminggu, sebulan dan setahun di Warung Segar PT Agritech Retail Indonesia.

References

[1] Mulyadi, “Rancang Bangun Aplikasi Rekapitulasi Pendapatan dan Jumlah Wisatawan Kota Pekanbaru Berbasis Web dan Android,” 2019.
[2] G. Gunawan, A. Lawi, and A. Adnan, “Analisis Arsitektur Aplikasi Web Menggunakan Model View Controller (MVC) pada Framework Java Server Faces,” Sci. J. Informatics, Vol. 3, No. 1, pp. 55–67, 2016, doi: 10.15294/sji.v3i1.5958.
[3] Abdurahman, “Sistem Informasi Pengolahan Data Pembelian Dan Penjualan Pada Toko Koloncucu Ternate,” Vol. 2, pp. 18–26, 2017.
[4] Y. A. Binarso, E. A. Sarwoko, and N. Bahtiar, “Pembangunan Sistem Informasi Alumni Berbasis Web pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Diponegoro,” J. Informatics Technol., Vol.1, No.1, p. PP 72-84, 2012.
[5] Kholid, “Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web dan SMS Gateway,” 2016.
[6] D. Priyanti and S. Iriani, “Sistem Informasi Data Penduduk pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan,” J. Netw. Secur., Vol.2, 2013.
[7] A. Hendini, “Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang,” J. Khatulistiwa Inform., Vol. 2, No. 9, pp. 107–116, 2016, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Published
2022-04-20