Pelatihan AutoCad Untuk Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

  • Rizky Febriani Pohan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Muhammad Rahman Rambe Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: AutoCad, training, technology, output

Abstract

Kemampuan AutoCad sangat dibutuhkan dalam dunia usaha dan industri. Akan tetapi, mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Graha Nusantara masih banyak yang belum terampil dalam menggunakan program AutoCad karena mereka belum mendalami ilmu Teknik Sipil yang sudah diajarkan oleh dosen. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas mahasiswa dalam penguasaan AutoCad, menjaring potensi mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dalam pengoperasian AutoCad, menyiapkan lulusan Teknik Sipil Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan yang berkualitas dalam penguasaan teknologi dan menjadi wadah bagi mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu Teknik Sipil sebagai penunjang materi kuliah di luar jam perkuliahan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah penyuluhan, bimbingan dan demonstrasi. Pelatihan ini disambut dengan antusias yang baik dari para peserta pelatihan dilihat dari segi kehadiran dan keaktifan mereka selama kegiatan berlangsung dua hari.Berdasarkan hasil akhir (output) dari kegiatan pelatihan ini, dapat dijelaskan bahwa sebanyak 50% (20 mahasiswa) memiliki kemampuan yang sedang, 20% (8 mahasiswa) memiliki kemampuan yang tinggi, dan 30% (12 mahasiswa) memiliki kemampuan yang rendah dalam pengoperasian AutoCad

References

[1] Pakeh, A. 2021, Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UTU Gelar Pelatihan Aplikasi AutoCAD, https://utu.ac.id/posts/read/himpunan-mahasiswa-teknik-sipil-utu-gelarpelatihan-aplikasi-autocad, Diakses Tanggal 04 Mei 2021.
[2] Lapisa, R., Basri, I.Y., Arif, A., dan Saputra, H.D. 2017, Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Aut Cad, Invotek: Jurnal Inovasi, Vokasional dan Teknologi, No. 2, Vol. 17, 119-126.
[3] Admin FT UNEJ, 2019, Pelatihan AutoCad 2D Teknik Sipil 2019, https://teknik.unej.ac.id/pelatihan-autocad-2d-teknik-sipil-2019/, Diakses Tanggal 23 April 2019.
[4] Polonia, B.S.E., Helanianto, Yusuf, dan Ruchiyat, A., 2021, Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Negeri 2 Ketapang Jurusan Teknik Pemesinan Melalui Pelatihan Software AutoCad, Abdimas Dewantara, No. 1, Vol. 4, 76-82.
Published
2022-04-20