Pelatihan Penggunaan Aplikasi WhatsApp Business Sebagai Media Pemasaran Online pada Toko CCTV Grosir Cabang Palembang

  • Triana Elizabeth Universitas Multi Data Palembang
  • Derry Alamsyah Universitas Multi Data Palembang
  • Yoannita Yoannita Universitas Multi Data Palembang
Keywords: WhatsApp Business, Katalog, Toko CCTV Grosir Palembang, Broadcast Message

Abstract

Toko CCTV Grosir Palembang merupakan salah satu toko yang menjual cctv dan menyediakan jasa pemasangan serta perawatan cctv di kota Palembang yang merasakan dampak dari penyakit Covid19. Kekhawatiran akan penyebaran penyakit Covid-19 membuat pemasukan baik dari segi penjualan dan penyediaan jasa pemasangan serta perbaikan cctv menurun. Selain itu, dikarenakan pembatasan oleh pemerintah setempat membuat pelanggan kesulitan jika harus datang langsung ke toko untuk membeli barang. Oleh sebab itu, dibutuhkan sarana baru selain telepon atau datang langsung ke toko sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan. Pengabdian ini dilakukan melalui pengadaan pelatihan singkat aplikasi WhatsApp Business beserta fiturfiturnya seperti katalog produk, label, away message, broadcast message, dll. Setelah penggunaan aplikasi WhatsApp Business selama 6 bulan ditemukan peningkatan penjualan berdasarkan produk yang dipromosikan melalui fitur katalog dan broadcast message

References

[1] A. Firmansyah, 2020. Komunikasi Pemasaran, 1st ed., No. June. Pasuruan, Jawa Timur: CV. Qiara Media,
[2] P. Coll Rubio, 2019, “El Marketing de Contenidos en la Estrategia de Growth Hacking en la Nueva Economía. Los casos de Wallapop, Westwing y Fotocasa,” adComunica. Rev. Científica Estrategias, Tendencias e Innovación en Comun., No. 17, doi: 10.6035/2174-0992.2019.17.7.
[3] 2022) “Aplikasi WhatsApp Business.” https://www.whatsapp.com/business/?lang=id (accessed Mar. 11,.
[4] “Pelatihan Online Go Digital dan ScaleUp with WhatsApp | UKM Indonesia.” https://www.ukmindonesia.id/baca-deskripsi-program/326 (accessed Mar. 11, 2022).
[5] “WhatsApp for Business: Jalin Hubungan Dengan Pelanggan Melalui Pengiriman Pesan | Meta for Business.” https://idid.facebook.com/business/marketing/whatsapp (accessed Mar. 11, 2022).
[6] C. Hendriyani, S. P. Dwianti, T. Herawaty, and B. Ruslan, 2020, “Analisis Pengunaan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Perjualan dan Kedekatan Dengan Pelanggan di PT. Saung Angklung Udjo,” AdBispreneur, Vol. 5, No. 2, doi: 10.24198/adbispreneur.v5i2.29171.
[7] J. Sixto-Garciá, X. López-Garciá, and M. D. C. G. De La Fuente, 2021, “Instant Messaging As An Informative Source In Organizational Communication: WhatsApp Business in Mexico and Spain,” Comun. y Soc., Vol. No. 18, doi: 10.32870/cys.v2021.7679.
[8] “Pelatihan UMKM: Optimalkan C-Commerce WhatsApp Business - Direktorat Simpul Tumbuh UII.” https://simpultumbuh.uii.ac.id/optimalkan-c-commercewhatsapp-business/ (accessed Mar. 11, 2022).
[9] A. P. Wati, J. A. Martha, and A. Indrawati, 2020, “Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business pada UMKM,” Dedication J. Pengabdi. Masy., Vol. 4, No. 2, doi: 10.31537/dedication.v4i2.362.
[10] D. Priansa Juni, 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial, 1st ed. Pustaka Setia, Bandung.
Published
2022-04-20