Pendampingan Dalam Penataan Letak Fasilitas Di UMKM Fuji Rotan Trangsan Gatak Sukoharjo

  • Tri Wisudawati Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Febrina Agusti Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Widianto Prasetyo Utomo Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Fajar Wicaksono Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords: Layout and Facilities Design, Rattan MSMEs, Layout

Abstract

Perancangan tata letak fasilitas adalah suatu kegiatan merancang fasilitas fisik yang terdiri dari peralatan, mesin, area, bangunan dan fasilitas lainnya. Fungsi perancangan tata letak fasilitas yaitu memaksimalkan penataan aliran material, aliran informasi dan proses kerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh suatu perusahaan. Tujuan utama dari perancangan tata letak fasilitas adalah meminimasi biaya perpindahan bahan dengan waktu yang tersingkat. Kegiatan perancangan fasilitas sering kali digunakan di dunia industri atau pabrik. Perancangan fasilitas pabrik biasanya menganalis, pembentukan konsep, perancangan dan pembuatan suatu sistem tentang produk yang akan dihasilkan atau jasa yang akan diberikan. UMKM Fuji Rotan Trangsan Gatak Sukoharjo dalam layout pabrik / tata letak fasilitas belum begitu tertata sehingga dapat membuat waktu, proses produksi, output dalam produksi kerajinan rotan kurang maksimal sehingga berpengaruh dalam profit usaha. Sehingga, perlu dilakukan penataan layout atau perancangan tata letak fasilitas di UMKM Fuji rotan. Diharapkan dari pengabdian ini UMKM Fuji rotan dapat terbantu dalam perancangan tata letak fasilitas atau penataan layout UMKM. Pelaksanaan kegiatan dari program ini dikemas dalam bentuk beberapa kegiatan yang sifatnya tidak formal, kreatif dan inovatif serta menyenangkan bagi pemilik UMKM Fuji Rotan dan pekerja UMKM Fuji Rotan. Pekerja dan pemilik UMKM akan diberikan pengetahuan mengenai tata letak fasilitas dan bagaimana penerapannya untuk mengoptimalkan sistem produksi yang efektif dan efisien sehingga proses produksi dapat memberikan efek dan profit yang maksimal serta meminimalisir kegiatan yang membuang banyak waktu. 

References

[1] M. A. Kalijaga, R. Restiana, and N. Fadhlurrohman, 2018. “Perancangan Tata Letak Fasilitas pada UKM A3 Aluminium Yogyakarta Menggunakan Software Flexsim 6.0,” Pros. IENACO 2018, pp. 178–184.
[2] Yusof, 2011. “Perkembangan Industri Nasional dan Peran Penanaman Modal Asing (PMA),” J. Ekon. dan Pendidik., Vol. 8, pp. 71–80.
[3] J. Susetyo, 2010. “Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Pendekatan Group Technology Blocplan Untuk Meminimasi Ongkos Material Handling,” J. Teknol., Vol. 3, pp. 75–84.
[4] W. Putri, R. E., & Ismanto, 2019. “Pengaruh Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas di Area Operasional Kerja Berbasis 5S untuk Pengajuan Modal Usaha,” J. Dimens., Vol. 8, No. 1, pp. 71–89.
[5] I. Adiasa, R. Suarantalla, M. S. Rafi, and K. Hermanto, 2020. “Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Pabrik di CV. Apindo Brother Sukses Menggunakan Metode Systematic Layout Planning (SLP),” Performa Media Ilm. Tek. Ind., Vol. 19, No. 2, pp. 151–158.
[6] A. M. Fadlillah, A. Fadila, and ..., 2021. “Pembinaan Kapasitas Manajemen ‘UMKM Go Digital’ di Kabupaten Bogor,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. FORDICATE, Vol. 1, No. 1, pp. 1–7.
[7] M. Haming, M., & Nurnajamuddin, 2011. Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa. Bumi Aksara, Jakarta.
[8] & Febriantoko, J., Sepindjung, B. and R. Mayasari, 2020. “Pendampingan Dalam Perencanaan Penanaman Bawang Merah pada Kelompok Tani Harapan Jaya Kelurahan Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin,” Engag. Pengabdi. Kpd. Masy., Vol. 4, No. 1, pp. 31–41.
[9] R. A. Widyanto, L. Ismail, F. F. Nugroho, A. Rafdi, I. A. F. Wardani, and F. Fahrurrosak, 2021. “PPMT Perancangan Tata Letak Fasilitas Kerja di Home Industry Irus Untuk Meningkatkan Kualitas dan Kapasitas Produksi,” To Maega J. Pengabdi. Masy., Vol. 4, No. 1, p. 14.
[10] E. P. Dewi and S. Sujatini, “Pendampingan Dalam Penataan Ruang Usaha Kuliner pada Rumah Tinggal di Hunian Padat Kelurahan Paseban , Jakarta Pusat,” Vol. 5, No. 1, pp. 31–40
[11] Sumarno and Indarto, 2018. “Desain Show Room Bagi Para Perajin Rotan DS. Transang, Kec. Gatak, Kab. Sukoharjo,” Vol. 9, No. 2, pp. 163–169.
[12] L. A. Suminar, W. Wahyudin, and B. Nugraha, 2020. “Analisis Perancangan Tata Letak Pabrik PT. Xyz Dengan Metode Activity Relationship Chart (ARC),” J. Sains dan Teknol. J. Keilmuan dan Apl. Teknol. Ind., Vol. 20, No. 2, p. 181.
Published
2022-04-20