Pelatihan Penggunaan Aplikasi Instagram For Business Sebagai Media Pemasaran Online pada CCTV Grosir Palembang

  • Tinaliah Tinaliah Universitas Multi Data Palembang
  • Dicky Pratama Universitas Multi Data Palembang
  • Inayatullah Inayatullah Universitas Multi Data Palembang
Keywords: CCTV, Online Marketing, Instagram Business

Abstract

CCTV Grosir Palembang adalah salah satu toko yang menjual berbagai macam jenis cctv dengan harga yang terjangkau serta melayani pemasangan cctv di kota Palembang. Saat pandemi Covid-19 ini, angka penjualan cctv mengalami penurunan dibandingkan sebelum terjadinya pandemi. Pembeli yang datang ke toko untuk melakukan pembelian cctv hanya sedikit. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi Instagram Bisnis sebagai media pemasaran online, serta cara menggunakannya agar dapat digunakan untuk melakukan pemasaran produk – produk cctv yang dijual secara online. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan penggunaan instagram kepada kepala cabang dan karyawan CCTV Grosir Palembang. Hasil dari pelatihan adalah dibuatnya akun instagram bisnis CCTV Grosir dan diposting beberapa foto dari produk cctv yang dijual. Akun instagram bisnis ini akan dikelola oleh admin yang akan selalu aktif untuk update untuk melakukan iklan promosi mengenai produk yang dijual. Manfaat dari pelatihan ini adalah dapat meningkatkan penjualan CCTV dimasa pandemi COVID-19 dengan pemasaran penjualan secara online menggunakan Instragram Bisnis

References

[1] “Platform E-Commerce Laris Manis Selama Pandemi Covid-19.” https://newssetup.kontan.co.id/news/platform-e-commerce-laris-manis-selama-pandemicovid-19?page=all (accessed Mar. 23, 2022).
[2] “Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022.” https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosialindonesia-capai-1914-juta-per-2022 (accessed Mar. 22, 2022).
[3] “Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021 | Databoks.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/10/pengguna-instagramdi-indonesia-bertambah-39-juta-pada-kuartal-iv-2021 (accessed Mar. 22, 2022).
[4] “Ini Cara Membuat Instagram Bisnis untuk Optimalkan Penjualan.” https://www.info.populix.co/post/instagram-bisnis (accessed Mar. 24, 2022).
[5] A. Rachmawaty, 2021. “Strategi Marketing Menggunakan Instagram (Studi Kasus : Sapinesia),” J. Adm. Bisnis, Vol. 7, No. 1, pp. 39–51,
[6] “Perbedaan Akun Instagram Biasa Dengan Instagram Bisnis | Whello.” https://whello.id/tips-digital-marketing/perbedaan-akun-instagram-biasa-dengan-akuninstagram-bisnis/ (accessed Mar. 23, 2022).
[7] M. L. Baskoro and M. Maulidian, 2019, “Pelatihan Instagram Marketing Untuk Tenant Inkubator Bisnis Trilogi,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat) R., Vol. 2, No. 1, pp. 19–26, doi: 10.33330/jurdimas.v2i1.315.
[8] P. Ibu, P. K. K. Di, D. Sei, Y. S. Siregar, B. O. Sembiring, and H. Harahap, 2022. “Pelatihan Penggunaan Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital,” pp. 507–512,
[9] R. J. Naimah, M. W. Wardhana, R. Haryanto, and A. Pebrianto, 2020, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” J. IMPACT Implement. Action, Vol. 2, No. 2, p. 39, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.
[10] Y. T. Kurnianto, 2020. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pemasaran Minimuman di Banjarbaru,” Ilmu Komun., p. 8,
Published
2022-04-20