Workshop Digitalisasi Pariwisata Desa Bantuan Kabupaten Lahat

  • Alfis Arif STT Pagar Alam
Keywords: Workshop, Digital Marketing, Pariwisata

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat Desa Bantunan Kabupaten Lahat dalam mendigitalisasi promosi pariwisata agar meningkatkan pengunjung pariwisata disana. Pariwisata didesa Bantunan banyak yang potensial tetapi masih rendah sekali dikunjungi pariwisatawan hal ini dikarenakan kurangnya promosi yang dilakukan oleh warga dan perangkat desa setempat. Padahal warga sudah memahami dan menggunakan teknologi tetapi mereka belum bisa memanfaatkan teknologi tersebut. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dalam mendigitalisasi promosi pariwisata yang dimiliki oleh Desa Bantunan Kabupaten Lahat meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Narasumber pada pengabdian ini adalah 1 orang dosen Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Pagaralam. Simpulan dalam pengabdian ini yaitu warga dapat menjadi konten kreator dan membuat marketing channel. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah warga desa Bantunan dapat memanfaatkan Tenologi dala mempromosikan pariwisata didaerahnya sehingga nantinya dapat meningkatkan pengunjung yang akan berwisata di desa Bantunan.

References

[1] R. N. Putri, 2020. "Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19," Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 2, p. 5.
[2] I. Dwina, 2021. "Melemahnya Ekonomi Indonesia pada Sektor Akibat Dampak dari Pandemi COVID-19," Jurnal Universitas Lambung Mangkurat, p. 5.
[3] F. I. L. S. d. Diovanni Abdillah, 2021."Melemahnya Ekonomi pada Sektor Pariwisata: Dampak dari Pandemi Covid-19 di Desa Kuala Indah," Cermin : Jurnal Penelitian, Vol. 5, No. 2, p. 10.
[4] D. Yanti, 2021. "814 Jurnal Darma Agungvolume XXVII, Nomor 1, April 2019: 814-821 Analisis Strategi Pengembangan Digital Tourism Sebagai Promosi Pariwisata di Toba Samosir," Jurnal Darma Agung, Vol. 27, No. 1, p. 8.
[5] I. Heliany, 2019, "Wonderful Digital Tourism Indonesia dan Peran Revolusi Industri Dalam," Destinesia Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, Vol. 1, No. 1, p. 15.
[6] N. W. S. Dewi Sri Woelandari, 2019."Sosialisasi dan Pelatihan Pemasaran Berbasis Digital Dengan Menggunakan Media Sosial Facebook dan Instagram Bagi Industri Rumahan di RT 005/Rw 001, Kel. Marga Mulya, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi," In Seminar Nasional informatika (SANTIKA), Jawa Timur.
[7] Y. Tony Wibowo, 2021, "Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik-Tok Sebagai Media Pemasaran Digital: Studi Kasus Kota Batam," in Conference on Business, Social Sciences and Technology, Batam.
[8] H. Fellayati, 2021, "blog.rumahweb.com," Apa itu Canva? Pengertian dan Cara Menggunakannya, 31 October 2021. [Online]. Available: https://blog.rumahweb.com/canva-adalah/. [Accessed 31 March 2022].
Published
2022-04-20