Panduan Penulis

A. Panjang Tulisan
Naskah dibuat dengan panjang 8-10 halaman. Diserahkan kepada redaksi dalam bentuk softcopy (upload melalui submissions) sesuai dengan template yang tersedia. Naskah yang tidak sesuai template akan dikembalikan untuk diperbaiki. Redaksi berhak untuk melakukan editing sebatas teknis penulisan.

B. KETIK JUDUL ARTIKEL ANDA (maksimal 15 kata)

Merefleksikan sumber inspirasi PkM yang ditangani, jika diperlukan dapat mencantumkan lokasi kegiatan. Panjang kata maksimal 15 kata. Subjudul artikel merefleksikan informasi tambahan yang mendukukung judul artikel. Panjang kata maksimal 20 kata.

Author1*), Author2, & Author3

1Author Affiliation, 2Author Affiliation, 3Author Affiliation

Judul harus jelas, lugas, singkat dan informatif yang mereprentasikan isi kandungan artikel, maksimal 12 kata, ukuran huruf 15pt, tidak cetak tebal dan hanya huruf awal kata saja yang dicetak kapital.

Nama penulis ditulis secara jelas tanpa gelar. E-mail penulis ditampilkan semuanya, jika penulis koresponding bukan penulis pertama, maka dapat ditambahkan simbol * dibelakang email penulis koresponding.

 

C. Abstrak: Secara gamblang dan utuh menampilkan seluruh esensi tulisan; terdiri dari satu paragraph dengan spasi satu, menggunakan font Times New Roman 11pt, maksimal 250 kata, disertai 3 (tiga) sampai 5 (lima) kata kunci Abstrak ditulis tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil dan pembahasan, dan simpulan. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. (11 pts).

 

Kata Kunci

kata kunci dituliskan dalam 3 - 6 kata/frasa yang sebaiknya merupakan subset dari judul manuskrip dan dipisahkan dengan tanda baca koma untuk antar kata/frasa.

D. Pendahuluan

Isi pendahuluan adalah hal mendasar atau urgensi permasalahan yang melatarbelakangi ditulisnya kajian/penelitian, ditulis dengan fonta Times New Roman 11. dan tanpa footnote

  • Menguraikan tentangFakta-fakta yang menginspirasi dan menjadi fokus pelaksanaan kegiatan PkM; dapat berupa tantangan institusi perguruan tinggi, persoalan atau kebutuhan usaha kecil /menengah, pemberdayaan masyarakat, penerapan teknologi tepat guna.
  • Kondisi eksisting sumber daya usaha kecil/menengah, masyarakat atau PT.
  • Upaya-upaya yang pernah diterimakan pihak lain kepada usaha kecil/menengah, masyarakat atau PT.
  • Tujuan utama kegiatan

E. METODE (12 pts)

Menguraikan teknik atau cara menyelesaikan tantangan, persoalan atau kebutuhan pokok yang menjadi target kegiatan atau kesepakatan bersama. Memilih salah satu metode atau kombinasi dua atau beberapa metode berikut (tanpa footnote):

  1. Pendidikan Masyarakat: Untuk kegiatan a) training seperti in-house training; b) continuing education; c) training penyegaran keilmuan, d) penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman (misalnya dalam bidang hukum, agama, peraturan) sehingga menyadarkan masyarakat akan adanya kemungkinan kesalah pahaman.
  2. Konsultasi: Untuk kegiatan dimana persoalan atau kebutuhan usaha kecil/ menengah atau masyarakat diselesaikan melalui jasa konsultasi dengan PT
  3. Difusi Ipteks: Untuk kegiatan yang menghasilkan produk bagi konsumen baik internal maupun eksternal PT
  4. Pelatihan: Untuk kegiatan yang melibatkan a) penyuluhan tentang substansi kegiatan, diikuti dengan demonstrasi untuk mengkonstruksikan  atau merealisasikannya; b) melatih mengoperasikan sistem atau peralatan yang dihibahkan; c) atau kegiatan untuk membentuk kelompok wirausaha baru, d) PT yang menawarkan jasa layanan bersertifikat kepada masyarakat
  5. Mediasi: Untuk kegiatan a) pelaksana PkM dalam kegiatannya menempatkan diri sebagai penengah atau mediator dari pihak-pihak yang bertikai; b) atau bersama-samamasyarakat menyelesaikan persoalan yang memerlukan jasa institusi pemerintah atau swasta
  6. Simulasi Ipteks: Untuk kegiatan dimana karya utamanya adalah sistem informasi atau sejenisnya yang bertujuan guna menjelaskan tentang sesuatu yang tidak dapat dilakukan sebagaimana seharusnya secara fisik atau nyata
  7. Substitusi Ipteks: Untuk kegiatan yang menawarkan ipteks baru, lebih modern dan efisien kepada usaha kecil/ menengah, masyarakat dengan menggantikan penguasaan ipteks lama
  8. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data.

 

F. HASIL DAN PEMBAHASAN (12 pts)

Hasil dan Pembahasan berisi satu kesatuan antara hasil dan pembahasan kegiatan yang dilakukan. Hasil dan pembahasan ditulis dengan font Times New Roman 11. Isi hasil dan pembahasan mencakup pernyataan, tabel, diagram, grafik. Bagian ini berisi sub-bahasan utama Sub-bahasan ditulis secara sistematis. Tabel, gambar, grafik, diagram diberi nomor, judul (caption), dan cantumkan sumber informasinya.

Gambar harus asli dan jelas dan merupakan satu kesatuan dengan file naskah (bukan tempelan). Tabel/gambar/diagram/ grafik maksimal enam buah keseluruhan. Resolusi gambar 300dpi format BW (Black White) disertai sumber gambar tersebut. Gambar dokumentasi dapat berupa alat dan bahan, metode, bukan foto diri dan foto bersama peserta pelatihan. 

Penggunaan sub judul pada bagian hasil dan pembahasan diperkenankan dengan tetap menjaga substansi kecukupan, dan kepadatan informasi temuan penelitian yang dilakukan.

 

G. SIMPULAN (12 pts)

Simpulan dimaksudkan untuk membantu pembaca mengerti arti penting penelitian yang dilakukan. Simpulan bukanlah ringkasan dari topik utama penelitian, melainkan intisari atau poin kunci temuan penelitian. Disamping itu, kesimpulan juga menyampaikan hal-hal yang belum terjawab dalam penelitian yang dilakukan. Simpulan ditulis dalam bentuk essai bukan menggunakan penomoran. Pada beberapa artikel, satu paragraf simpulan sudah dianggap mencukupi. Namun, simpulan dengan dua atau tiga paragraf masih diperkenankan.

 

H. UCAPAN TERIMAKASIH (jika ada) (12 pts)

Pada bagian ini, tuliskan orang-orang yang membantu anda secara teknis saat penelitian dilakukan, seperti tempat penelitian, penyedia bahan penelitian, pengolahan data, penyandang/pemberi dana, atau orang-orang yang memberikan kritik membangun sebelum naskah diterbitkan.  Jelaskan bagaimana orang-orang tersebut berkontribusi.

 

 

I. DAFTAR PUSTAKA (12 pts)

Disarankan menggunakan tools Mendeley/Zotero untuk manajemen rujukan. Semua yang tertera dalam daftar pustaka/rujukan harus dirujuk/diacu dalam  manuskrip. Minimal 10 referensi primer dan terbaru (5 tahun terakhir). Ditulis dengan ukuran huruf 8pt dan menggunakan metode sitasi IEEE.