PENGARUH PENERAPAN BUDAYA 5S DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA IMPLIKASINYA PADA KINERJA KARYAWAN DIVISI WIREHARNESS PT.OSIELECTRONICS BATAM

  • Tomi Alfa UNIVERSITAS TRIDINANTI
  • Irwan Pancasila Dosen Universitas Tridinanti Palembang
  • Sari Sakarina Dosen Universitas Tridinanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Budaya 5S dan Komitmen Organisasi terhadap produktivitas kerja implikasinya pada kinerja karyawan divisi wireharness PT. OSI Electronics Batam. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner berbasis Skala Likert, dan analisis dilakukan menggunakan analisis jalur dengan aplikasi statistik Smart PLS 3.0, dengan sampel sebanyak 122 responden.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari penerapan Budaya 5S terhadap Produktivitas Kerja Karyawan divisi wireharness PT. OSI Electronics Batam. Analisis data menggunakan SmartPLS 3.3.3 menunjukkan bahwa Penerapan Budaya 5S memiliki pengaruh positif dengan nilai koefisien jalur (0) sebesar 0.800, t-Statistics sebesar 10.902, dan P Value sebesar 0.000 < 0.05.

Selain itu, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Komitmen Organisasi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan divisi wireharness. Analisis statistik menunjukkan bahwa Komitmen Organisasi memiliki pengaruh positif dengan nilai koefisien jalur (O) sebesar 0.193, t-Statistics sebesar 2.681, dan P Value sebesar 0.008 < 0.05.

Selanjutnya, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Penerapan Budaya 5S berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan divisi wireharness PT. OSI Electronics Batam. Analisis statistik menunjukkan bahwa Penerapan Budaya 5S memiliki pengaruh positif dengan nilai koefisien jalur (O) sebesar 2.011, t-Statistics sebesar 13.773, dan P Value sebesar 0.000 < 0.05.

Demikian pula, Komitmen Organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan divisi wireharness. Analisis data menunjukkan bahwa Komitmen Organisasi memiliki pengaruh positif dengan nilai koefisien jalur (O) sebesar 0.118, t-Statistics sebesar 2.004, dan P Value sebesar 0.041 < 0.05.

Terakhir, penelitian ini menemukan bahwa Produktivitas Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan divisi wireharness PT. OSI Electronics Batam. Analisis statistik menunjukkan bahwa Produktivitas Kerja memiliki pengaruh positif dengan nilai koefisien jalur (O) sebesar 0.953, t-Statistics sebesar 6.272, dan P Value sebesar 0.000 < 0.05.

Kata kunci: Budaya 5S, Komitmen Organisasi, Produktivitas Kerja, Kinerja karyawan

Published
2024-03-20