Analisis Pengaruh Penerapan Green Marketing, Environmnetal Concern, dan Environmental Knowledge Terhadap Green Purchase Intention pada Air Minum dalam Kemasan (AMDK)

  • Rudy Vernando Silalahi Pelita Harapan University_Tangerang
  • Marco Julio Kosasi Fakultas Sains dan Teknologi – Universitas Pelita Harapan-Tangerang

Abstract

Meningkatnya jumlah sampah botol plastik yang dihasilkan dari AMDK dapat menjadi masalah bagi lingkungan, karena penguraian sampah botol plastik membutuhkan waktu yang lama bagi alam. Salah satu cara untuk mencegah pencemaran  lingkungan yaitu dengan menggunakan produk ramah lingkungan. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh Green Packaging, Eco-Labelling, Environmental Concern, dan Environmental Knowledge terhadap Green Purchase Intention yang dimediasi Green Attitude. Penelitian bersifat kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi AMDK dan mengumpulkan data sebanyak 409 responden. Metode pengolahan data yang digunakan yaitu PLS-SEM, menghasilkan Green Packaging, Eco-Labelling, Environmental Concern, dan Environmental Knowledge mempengaruhi Green Attitude, lalu Green Attitude mempengaruhi Green Purchase Intention. Dilakukan juga perhitungan menggunakan metode IPMA dari PLS-SEM yang menghasilkan Green Attitude berada pada kuadran 1 (high important dan high performance), kemudian Green Packaging dan Environmental Concern berada di kuadran 2 (low important dan high performance), lalu Environmenral Knowledge dan Eco-Labelling termasuk dalam kuadran 3 (low important dan low performance). Setelah itu, diberikan manejerial implikasi berdasarkan pada analisis yang telah dilakukan.

Published
2024-03-04