Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada MR. DIY Palembang

  • Clara Maria Wijaya Universitas Multi Data Palembang
  • Kardinal Kardinal Universitas Multi Data Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Positive Emotion, Store Atmosphere dan Visual Merchandising terhadap Impulse Buying MR. DIY Palembang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan rumus slovin sehingga jumlah keseluruhan sampel sebanyak 240 yang ditujukkan kepada responden yang pernah melakukan pembelian di MR. DIY di Palembang. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS Statistics 26. Hasil penelitian berdasarkan uji parsial (uji T) menunjukkan bahwa Positive Emotion berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying dengan nilai siginifikasi 0,000 < 0,05. Visual Merchandising berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying dengan nilai siginifikasi 0,003 < 0,05. Store Atmosphere berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Positive Emotion, Store Atmosphere dan Visual Merchandising dalam uji simultan (uji F) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying dengan nilai siginifikasi 0,000 < 0,05.

 Kata kunci : Impulse Buying, Positive Emotion, Store Atmosphere, Visual Merchandising

Published
2023-03-08