Pengaruh Motif Hedonis & Religiusitas terhadap Pembelian Impulsif Online Generasi Senior Millennial melalui Mediasi Self Esteem

  • Yolanda Veybitha Universitas Tridinanti Palembang
  • Muhni Pamuji Universitas Tridinanti Palembang
  • Sari Sakarina Universitas Tridinanti Palembang
  • Frecilia Nanda Melvani Universitas Tridinanti Palembang

Abstract

Abstrak

 

 

Generasi senior milennial merupakan generasi yang lahir pada tahun 1983-1990.  Salah satu ciri generasi tersebut yakni tumbuh di era digital. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengukur perilaku pembelian impulsif secara online generasi tersebut.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei. Alat untuk melakukan pengukuran menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan sofware LISREL.  Sampel dalam penelitian ini sebanyak 470 responden, mereka mengisi kuesioner secara online.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh religiusitas terhadap pembelian impulsif tidak signifikan.  Selanjutnya perhitungan pengaruh tidak langsung variabel religiusitas melalui mediasi self esteem terhadap pembelian impulsif menunjukkan berepengaruh yang signifikan sehingga self esteem dalam penelitian ini memediasi secara sempurna (full mediated).  Namun untuk variabel motif hedonic, self esteem hanya memediasi secara parsial (partial mediated).  Selanjunya penelitian memiliki implikasi secara teoritis dan praktis.

 

 

Kata Kunci : Motif Hedonis, Religiusitas, Self Esteem, Pembelian Impulsif

 

Published
2023-03-09