RENCANA BISNIS PAKAIAN MUSLIM PRIA PLUS SIZE (SALAKA) DENGAN ANALISIS BISNIS MODEL KANVAS

  • Irham Amir Institut Agama Islam Tazkia
  • Muhammad Rafi’ Firdaus Institut Agama Islam Tazkia

Abstract

Abstrak: Populasi penduduk Indonesia yang mempunyai tubuh overweight terus bertambah, disisi lain sulit sekali ditemukannya pakaian plus size terutama untuk kaum Muslim. Ide dalam penelitian ini merupakan pakaian muslim berukuran besar yang memiliki bahan nyaman serta desain kasual modern. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Bisnis Model Kanvas 9 Blok dan terfokus pada customer segment dan value proposition. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam kepada 30 responden. Setelah dilakukan uji solusi maka didapatkan verifikasi model bisnis terhadap dua blok yaitu customer segment dengan hasil : Laki-laki Muslim, memiliki ukuran pakaian minimal XL, mahasiswa, pegawai / pekerja, memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000, generasi Z, dan berbelanja secara online. Sementara untuk value proposition yaitu: berukuran besar (over size), bahan nyaman, desain kasual polos dan minim desain, serta memiliki quality control yang ketat.

Published
2022-09-17