Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Awareness Sebagai Mediasi Pada Konsumen E-Commerce Shopee

  • Viola Fionita Tesalonika Amba Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta
  • Sisnuhadi Sisnuhadi Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara promosi terhadap keputusan pembelian,
pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian, pengaruh promosi terhadap brand awareness dan pengaruh
promosi terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini yakni
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100
responden pelanggan Shopee di Yogyakarta. Data diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner (angket) kemudian diolah menggunakan program smart PLS 3.0 dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, brand awareness
berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif signifikan terhadap brand
awareness dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness sebagai
variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis 1, hipotesis 2, hipotesis 3 dan, hipotesis 4 mendukung
penelitian.

Published
2021-09-16