Entrepreneurial Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM Di Palembang

  • Retno Budi Lestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas MDP
  • Herry Widagdo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas MDP

Abstract

Konsep entrepreneurial marketing atau pemasaran kewirausahaan adalah sebuah sebuah pendekatan yang
dapat diterapkan pada UMKM yang memiliki keterbatasan sumber daya sebagai strategi pemasaran yang efektif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dimensi pemasaran kewirausahaan yang terdiri dari orientasi
pasar, orientasi konsumen, orientasi kewirausahaan dan orientasi inovasi terhadap kinerja UMKM di Palembang.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling sebanyak 100 responden dari pemilik UMKM
di Palembang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel
orientasi pasar, orientasi konsumen dan orientasi inovasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM,
sedangkan variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM

Published
2021-09-16