PERBANDINGAN PERFORMA ALGORITMA MINIMAX DAN ALPHA-BETA PRUNING PADA GAME CATUR CINA

  • Marthin Hokita Kurniawan STMIK Global Informatika MDP
  • Daniel Udjulawa STMIK Global Informatika MDP
Keywords: Chinese Chess, Board Game, Unity, MiniMax, AlphaBeta

Abstract

Algoritma merupakan urutan yang lengkap dan logis, dengan urutan yang logis banyak
cara yang dilakukan dengan urutan yang berbeda. Pada kasus ini akan dibandingkan performa
dari algoritma Minimax dan Alpha Beta Pruning pada game Catur Cina (XiangQi).
Tujuannnya adalah sejauh mana waktu yang digunakan oleh kedua algoritma tersebut efektif
dalam permainan Catur Cina. Metodologi yang digunakan dalam membangun aplikasi adalah
Rapid Application Development, yaitu merupakan pengembangan dari metodologi Software
Development Life Cycle. Kegiatan yang dilakukan antara lain yaitu melakukan perencanaan
dan analisis terhadap pengembangan game dan melakukan pembuatan game dengan
menggunakan game engine Unity dan bahasa pemograman C#, Editor yang digunakan adalah
Atom. Hasil pembuatan game dan koding algoritma akan di uji coba dengan iterasi kedalaman
dan preset yang ditentukan sesuai dengan Minimax dan Alpha-Beta Pruning. Data yang
didapat yaitu kecepatan dan banyak putaran antara kedua algoritma. Data tersebut akan
dibandingkan sehingga performa kedua algoritma akan terlihat jelas.

Published
2020-10-10
How to Cite
Kurniawan, M., & Udjulawa, D. (2020, October 10). PERBANDINGAN PERFORMA ALGORITMA MINIMAX DAN ALPHA-BETA PRUNING PADA GAME CATUR CINA. Jurnal Algoritme, 1(1), 102-110. https://doi.org/https://doi.org/10.35957/algoritme.v1i1.443