Aplikasi Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Perangkat Keras Komputer Berbasis Android

  • Aprian Karisman Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendikia Abditama

Abstract

Dalam penulisan kali ini penulis membahas tentang perancangan pembuatan augmented reality berupa objek 3 dimensi dari perangkat keras komputer, yang dimana perangkat keras tersebut meliputi perangkat keras input, perangkat keras output, dan perangkat keras proses, tidak disitu saja perancangan di tambah dengan fitur lain seperti perakitan komputer, 12 masalah – masalah umum pada komputer ( Troubleshooting ), dan sistem operasi yang terdiri dari penjelasan tentang sistem operasi, cara kerja sistem operasi dan cara instalasi sistem operasi. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk membuat aplikasi augmented reality perangkat keras komputer berbasis android yang dimana ditujukan untuk media pembelajaran tentang perangkat keras komputer yang di harapakan dari inovasi ini para pengguna bisa lebih terbantu untuk mendapatkan pembelajaran tentang perangkat keras komputer. Perangkat keras yang digunakan yaitu Google sketchup untuk pembuatan objek – objek perangkat keras dan Unity 3D untuk proses implementasi Augmented reality, semua di instal pada sistem operasi Windows 10 Pro. Proses pembuatan Augmented Reality ini melalui beberapa tahap yaitu analisis objek perangkat keras, perancangan, implementasi, dan pengujian, perancangan di buat dengan storyboard. Analisis berkaitan dengan pencarian objek – objek perangkat keras serta fungsi – fungsinya, dan alat serta perangkat yang di butuhkan dalam pembuatan Augmented Reality. Implementasi terkait dengan perancangan hasil rancangan interface ke aplikasi Unity 3D. Pengujian terakit dengan proses pengujian aplikasi pada smartphone Android dengan metode Black Box. Semua berjalan dengan lancar sehinga tujuan dari penulisan ini telah tercapai.

References

[1] E. D. Nurmawan, Mulyati. 2019, Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Website pada PT Sumatera Panca Rajo Palembang, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, e-ISSN:2503-2933, Vol. 5, No. 2.
[2] I. Mustaqin, N. Kurniawan, 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented reality, Jurnal Edukasi Elektro, e-ISSN : 2548-8260, Vol. 1, No. 1.
[3]A. M. W. Wahyudi, H. Wibawanto. 2017, Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented Reality untuk Desain Interior dan Eksterior, Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, IJCET 6 (2), Hal. 98 – 107.
[4]Hamalik, Oemar. 2001, Perencanaan Pengajaran Pendekatan Sistem, Bumi Aksara, Bandung.
[5] R. T. Azuma. 1997, A Survey of Augmented Reality, Hughes Research Laboratories.
[6] R. T. Azuma. 2001, Teleoperators and Virtual Environments, A Survey of Augmented Reality, Presence.
[7] Mario Fernando. 2013, Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforiasdk dan Unity, AR Online, Surakarta.
[8]Hynra. 2014, Unity Tutorial Vuforia Simple Image Target, Unity Tutorial,https://hynra.com/post/unity-tutorial-vuforia-simple-image-target, Diakses tanggal 27 Juli 2019.
Published
2019-09-18